ASIAN GAMES 2018: Indonesia Mencapai Tiga Kesuksesan, Kata JK

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, Indonesia telah mencapai tiga kesuksesan, yakni terkait sarana dan prasarana, penyelenggaraan serta prestasi.
Newswire | 02 September 2018 21:31 WIB
PENUTUPAN ASIAN GAMES Penonton menyaksikan penutupan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (2/9) - Bisnis/Dwi Prassetya.

Bisnis.com, JAKARTA -  Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan penyelenggaraan Asian Games ke-18 di Jakarta dan Palembang, Indonesia telah mencapai tiga kesuksesan, yakni terkait sarana dan prasarana, penyelenggaraan serta prestasi.

"Saya ucapkan selamat untuk kita semua yang telah berhasil mewujudkan Asian Games ke-18 ini meraih tiga sukses, dari sisi sarana dan prasarana, dari sisi penyelenggaraan, dan dari sisi prestasi," kata Wapres JK, dalam sambutannya pada Upacara Penutupan Asian Games 2018, di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (2/9/2018) malam.

Menurut Wapres, dalam hal sarana dan prasarana, Pemerintah Indonesia berhasil menggenjot pembangunan arena pertandingan dan juga jalur transportasi kereta api ringan (light rail transit) di Jakarta, Palembang, dan Jawa Barat.

Sementara itu dari segi prestasi, Wapres Kalla mengatakan untuk pertama kalinya Indonesia mencetak sejarah dengan prestasi tertinggi dan berada di urutan empat besar sejak pelaksanaan Asian Games pertama di India 1951.

"Ini adalah capaian prestasi tertinggi Indonesia dalam sejarah keikutsertaannya di Asian Games, dari peringkat 17 pada Asian Games ke-17 dengan empat medali emas di Incheon, Korea Selatan; naik ke peringkat empat dengan 31 medali emas di Jakarta kali ini," kata Ketua Dewan Pengarah Inasgoc tersebut.

Kontingen Indonesia berhasil mencapai target di Asian Games 2018, dengan berada di urutan keempat setelah China, Jepang, dan Korea Selatan. Atlet nasional Indonesia berhasil meraih total 98 medali dengan rincian 31 emas, 24 perak, dan 43 perunggu.

Jusuf Kalla juga mengatakan masyarakat Indonesia selama dua pekan memberikan dukungan kepada seluruh atlet Asia dalam kompetisi olahraga internasional Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Anda semua telah memberikan contoh kepada seluruh warga Asia, bahwa Indonesia merupakan warga dari keluarga besar Asia yang ramah dan bersahabat," kata Wapres Jusuf Kalla.

Sport ASIAN GAMES 2018: Dari Tenda Pengungsi, Jokowi Sapa Kontingen dan Penonton

ASIAN GAMES 2018: Disirami Hujan, Atlet, Warga dan Relawan Membaur di Acara Penutupan

Klasemen Akhir Medali Asian Games 2018, China Juara Umum. Indonesia Urutan ke-4

Wapres mengatakan semangat dan antusiasme masyarakat Indonesia telah menciptakan energi besar kepada seluruh atlet dari 45 negara Asia yang berkompetisi di Asian Games ke-18 ini.

Foto:Bisnis - Dwi Prassetya

"Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada seluruh penonton dan masyarakat, yang turut berbagi semangat dan senyum di saat kemenangan maupun berbagi simpati saat kekalahan," kata JK yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pengarah Inasgoc.

Wapres juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh atlet yang telah bertanding dengan semangat tinggi dan sportif dalam perhelatan akbar se-Asia tersebut.

"Terima kasih telah memberikan momen-momen mendebarkan, semangat yang kuat dan energi yang sportif. Kalian semua adalah para pahlawan Asia," ujarnya.

Kontingen Indonesia berhasil mencapai target di Asian Games 2018, dengan berada di urutan ke-empat setelah China, Jepang dan Korea Selatan. Atlet nasional Indonesia berhasil meraih total 98 medali dengan rincian 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu.

Dalam Upacara Penutupan Asian Games ke-18 tersebut, turut hadir mendampingi Wapres Jusuf Kalla antara lain Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, Presiden Dewan Olimpiade Asia Ahmad Al-Fahad Al-Sabah, Ketua Inasgoc Erick Thohir, Ketua Kontingen Indonesia Syfaruddin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, serta Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.

Sumber : ANTARA

Tag : asian games 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top