Menpora Malaysia dan Indonesia Bertemu, Ini yang Diobrolin

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menerima kedatangan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman.
Muhammad Ridwan | 31 Agustus 2018 00:05 WIB
Menpora Imam Nahrawi dan Menpora Malaysia Saddiq saat bermain catur bersama - Dokumentasi Kemenpora

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menerima kedatangan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman.

Imam Nahrawi menerima kedatangan menteri berparas tampan tersebut di Ruang Kerja Lantai 10 Graha Pemuda, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (30/8/2018) malam.

Dalam pertemuan tersebut keduanya sepakat untuk terus membangun komunikasi, kebersamaan, dan persahabatan antar kedua bangsa melalui kerjasama kepemudaan dan keolahragaan.

Kerja sama di bidang kepemudaan pernah dilakukan pertukaran pemuda, meski beberapa tahun terakhir ada jeda karena berbagi dengan negara lain sesama ASEAN, kedua menteri tersebut memandang hal tersebut perlu untuk dibuka kembali.

“Pertukaran pemuda Indonesia-Malaysia yang dulu berjalan baik kita adakan kembali, dan untuk menginap kita rubah tidak di hotel tetapi di rumah-rumah penduduk agar lebih dekat lagi mengenal budaya dan kearifan kedua bangsa," ujar Imam Nahrawi dalam keterangan resmi yang dihimpun, Kamis (30/8/2018).

Selain itu pada bidang keolahragaan, Menpora Imam Nahrawi mengusulkan untuk membuat turnamen olahraga di perbatasan-perbatasan kedua negara.

Imam menambahkan jika sekarang sudah ada turnamen bola voli seperti di Kepri (Kepulauan Riau) yang selalu diikuti Malaysia, bisa dikembangkan lagi di wilayah Malaysia bagian timur yang berada di satu Pulau Kalimantan dengan negara kita.

“Kita buat turnamen olahraga bersama seperti sepakbola, bola voli, atau lainnya di Kuching yang berbatasan dengan Kaltara. Olahraga akan menjadi pemersatu, apalagi untuk saling menghormati di daerah perbatasan. Kita jalin terus komunikasi, jika ada persoalan dapat segera diatasi dengan baik," tuturnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menpora Saddiq memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih atas suksesnya penyelenggaraan Asian Games yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

“Pak Menteri, selamat atas keberhasilan Indonesia mendapat 30 emas di Asian Games. Saya sudah 3 kali datang, saya berhutanng budi kepada para volunteer yang menyambut dari datang, di hotel, di venue, hingga mengantar hingga bandara, sangat baik. Transportasi dan makanan untuk atlet tidak ada masalah, semua baik. Salam Pak Menteri untuk idola PM Mahathir akan saya sampaikan, dan salam hormat saya untuk Presiden Jokowi, beliau idola saya," kata Menpora Saddiq.

Pertemuan keduanya ditutup dengan bermain catur dan menikmati santap malam bersama.

Tag : menpora
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top