Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makna Tangisan Pertama Kevin Sanjaya di Final Bulu Tangkis Asian Games 2018

Kevin Sanjaya Sukamuljo tidak kuasa menahan air matanya setelah berhasil memenangkan duel bersaudara melawan Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto bersama pasangannya Marcus Fernaldi Gideon di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018).
Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya usai mengalahkan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto./Dok. PBSI
Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya usai mengalahkan Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto./Dok. PBSI

Bisnis.com, JAKARTA - Kevin Sanjaya Sukamuljo tidak kuasa menahan air matanya setelah berhasil memenangkan duel bersaudara melawan Fajar Alfian-Muhammad Rian Ardianto bersama pasangannya Marcus Fernaldi Gideon di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (28/8/2018).

Kevin jarang menangis, meskipun sederet gelar juara sudah ia raih bersama Marcus yang akrab ia sapa dengan Koh Sinyo. Sebut saja All England, turnamen bulu tangkis tertua dan paling bergengsi di dunia, yang dua tahun berturut-turut direngkuh (2017 dan 2018).

Kevin dan Marcus juga terpilih sebagai pemain putra terbaik tahun 2017 versi BWF berkat tujuh gelar juara Superseries yang mereka peroleh.

"Iya menangis karena dapat mukjizat dari Tuhan, ternyata Tuhan sebaik itu memberi hal yang nyaris mustahil. Harus menunggu empat tahun lagi kalau mau dapat emas Asian Games, itu juga belum pasti, jadi hari itu benar-benar merasa bahwa mukjizat itu nyata," kata Kevin dikutip dari siaran pers resmi PBSI, Kamis (30/8/2018).

"Saya sampai sudah tidak bisa ngomong apa-apa, cuma menangis. Ini pertama kalinya saya sampai menangis kayak gitu. Sebelumnya saya tidak pernah menangis waktu juara," ujarnya.

Makna Tangisan Pertama Kevin Sanjaya di Final Bulu Tangkis Asian Games 2018

Disaksikan Ayah

Saat memainkan laga final, Kevin yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur ditonton langsung oleh ayahnya, Sugiarto Sukamuljo.

"Waktu saya ke 'warming up court' selesai pertandingan, papa cuma peluk saya, bilang selamat dan terima kasih. Mama saya tidak bisa datang, jadi kasih ucapannya via whatsapp," ungkap Kevin yang merupakan anak bungsu dari dua bersaudara itu.

Sepanjang tahun 2018, Kevin dan rekan duetnya Marcus sudah meraih empat gelar juara sebelum mempersembahkan medali emas Asian Games 2018 untuk Indonesia, antara lain Indonesia Masters 2018, India Terbuka 2018, All England 2018, dan Indonesia Terbuka 2018.

Kevin mengaku begitu lega bisa menjadi juara di Asian Games 2018, gelar juara multiacara pertama yang ia raih bersama Marcus.

'Major event' (pertandingan penting), karena banyak yang bilang kami juaranya cuma turnamen superseries saja, tapi belum terbukti di major event," tutur penggemar Lin Dan itu.

Makna Tangisan Pertama Kevin Sanjaya di Final Bulu Tangkis Asian Games 2018

 Laga Sengit

Kevin-Marcus harus memainkan laga sengit untuk merebut gelar juara Asian Games 2018 dari teman-teman asramanya sendiri, Fajar dan Rian.

Fajar dan Rian memberi perlawanan kuat saat menghadapi ganda nomor satu dunia itu.

Kevin dan Marcus pun dibuat kerepotan oleh permainan mereka.

"Fajar-Rian benar-benar bermain pada 'peak performance' mereka, malah melebihi. Fajar-Rian jarang membuat kesalahan sendiri dan benar-benar saling mengisi," ungkap Kevin Setelah berhasil menuntaskan pertandingan dengan kemenangan, mereka berempat saling berpelukan.

 Ia pun mengatakan sesuatu kepada ganda peringkat sembilan dunia itu.

"Saya bilang, terima kasih untuk hari ini, kami benar-benar hoki, kalian main sangat baik," ujar Kevin yang satu kamar dengan Rian di asrama Pelatnas Cipayung.

Mental Baja

Duet Kevin-Marcus selalu dipuji memiliki mental baja. Hal itu pun mereka buktikan saat nyaris kalah dari Fajar-Rian dan berhasil membalikkan keadaan.

"Kami selalu mencoba terus selama masih ada kesempatan. Jangan pernah menyerah sebelum lawan sudah menyelesaikan game, karena tidak ada yang tidak mungkin," jelas Kevin.

Tetapi bukan berarti atlet kelahiran Banyuwangi, 2 Agustus 1995 itu tidak pernah terpuruk. Kevin pun pernah mengalami masa-masa down.

"Tiap atlet pasti pernah mengalami masa 'down'. Saya juga pernah waktu di klub Djarum di Kudus. Dulu saya main di nomor tunggal putra dan dianggap kurang berpotensi. Lalu saya akhirnya memutuskan jadi pemain ganda. Padahal, waktu kecil kan saya maunya main dua-duanya," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler