Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rika Wijayanti, Dari Tukang Gulung Parasut Menjadi Atlet Paralayang Kelas Dunia

Dalam pekan olahraga terbesar se Asia, Asian Games 2018, Rika Wijayanti berhasil menorehkan prestasi untuk Indonesia pada cabang olahraga paralayang.
Atlet paralayang Indonesia Rika Wijayanti/Istimewa-PB FASI
Atlet paralayang Indonesia Rika Wijayanti/Istimewa-PB FASI

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam pekan olahraga terbesar se Asia, Asian Games 2018, Rika Wijayanti berhasil menorehkan prestasi untuk Indonesia pada cabang olahraga paralayang.

Hari ini, Kamis (23/8/2018) pada pertandingan akurasi tunggal putri, Rika berhasil menyumbang medali perunggu untuk Indonesia.

Kemarin, Rabu (22/8/2018) Rika memperkuat tim paralayang putri bersama Lis Adriana dan Ike Ayu Wulandari di nomor ketepatan mendarat beregu dan berhasil meraih medali perak.

Ketertarikan Rika pada dunia paralayang bermula ketika dia menjadi pelipat parasut untuk para penggemar olahraga paralayang yang medarat di sebuah lapangan dekat rumahnya di Songgokerto, Batu, Malang.

Upahnya, biasa Rika dibayar Rp2.000  untuk parasut solo sedangkan untuk parasut tendem dia dibayar sebesar Rp5.000.

Saat memasuki usia 16 tahun, Rika diajak kakaknya Joni Efendi untuk belajar paralayang, Joni sudah lebih dulu menjadi atlet paralayang profesional.

Rika kemudian mendapat pelatihan khusus dari Joni. Perlu diketahui, Joni ada;ah salah satu atlet paralayang yang berhasil memberikan emas untuk Indonesia di nomor ketepatan mendarat beregu putra bersama Jafro Megawanto, Hening Paradigma, Roni Pratama dan Aris Apriansyah, Rabu (22/8).

Lulus dari SMK 17 Agustus Batu, Rika mulai serius untuk berlatih paralayang. Dalam kurun tiga bulan, Rika sukses menguasai teknik dasar sebagai pilot paralayang dan mendapat lisensi untuk terbang.

Kini Perempuan kelahiran 8 September 1994 terdaftar sebagai pilot paralayang terbaik di dunia. Per April 2018 dia tercatat berada di peringkat ketiga, terpaut dari atlet Republik Ceko Marketa Tomaskova dan atlet Thailand Nunnaphat Puchong.

Berikut Daftar Prestasi Rika Wijayanti;

  • Juara 1 Paragliding Accuracy World Cup 2017 Seri 1 di Vrsac, Serbia.
  • Juara 2 Paragliding Accuracy World Cup 2017 Seri 2 di Kanada.
  • Juara Dunia Paragliding Accuracy World Cup 2017.
  • Juara Satu Paragliding Accuracy World Cup 2018 Seri 1 di North Cyprus, Turki.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler