Loket Janji Tekan Antrean Asian Games 2018

Loket akan menggunakan teknologi pindai barcode sehingga tiket terdistribusi dengan baik dan menghindari nomor kursi ganda.
Duwi Setiya Ariyanti | 22 Agustus 2018 17:25 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono terlihat ekspresif saat menonton pertandingan bulu tangkis beregu putra Indonesia melawan Jepang di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (21/8). - Dok. Kemenpora

Bisnis.com, JAKARTA— Loket berkomitmen mengurangi antrean dan menghindari peluang double seats dalam proses pemesanan tiket Asian Games 2018.

Loket, platform penyedia sistem teknologi penyelenggaraan acara ikut menggarap pengaturan tiket Asian Games 2018 guna menambah saluran penjualan tiket secara luring. 

Seperti diketahui, telah terdapat dua mitra digital yang  terlibat dalam penjualan dan pengaturan tiket Asian Games yakni Kiostix dan Blibli.com. Kendati demikian, ternyata pelayanan di lapangan tak berjalan mulus mulai dari kesulitan penukaran voucer elektronik hingga ketidaksesuaian data dari transaksi daring yang telah dilakukan para calon penonton. 

CEO Loket, Edy Sulistyo mengatakan pihaknya akan mengurangi antrean pengunjung melalui pengaturan yang lebih baik. Oleh karena itu, dia akan menggunakan teknologi pindai barcode sehingga tiket terdistribusi dengan baik dan menghindari nomor kursi ganda. 

"Loket akan mendukung penuh kolaborasi penjualan tiket Asian Games 2018 dan memastikan akan mengurangi antrean serta menerapkan traffic management berbasis teknologi pindai [scan] barcode yang lebih ketat dan presisi sehingga tiket dapat terdistribusi dengan baik dan juga menghindari peluang terjadinya double seat," katanya. 

Dengan bergabungnya Loket, maka Blibli.com akan menjadi pihak yang menjual tiket pertandingan secara daring. Kemudian, Kiostix menangani penjualan tiket secara luring. Lalu, Loket akan membantu mengintegrasikan teknologi pengelolaan tiket Asian Games. 

Kolaborasi ini pun akhirnya menghilangkan proses penukaran vouher elektronik dan menggantikannya dengan tiket elektronik yang dikirimkan melalui surel. Tiket elektronik ini nantinya dicetak sehingga bisa digunakan sebagai tanda masuk.

Adapun, semua voucer elektronik yang telah didapatkan dari Kiostix dan Blibli.com masih bisa ditukarkan di loket-loket resmi.

CEO Kiostix, Ade Sulistioputra mengatakan kolaborasi ini akan menambah titik distribusi sehingga bisa menangani tingginya lalu lintas data. 

Untuk penjualan tiket secara luring, terdapat beberapa titik yang melayani penjualan tiket. Pertama, di Pintu 7 Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk pembelian tiket festival. Kedua, loket di sepanjang Pintu 1 Senayan yang berada di seberang Hotel Atlet Century menyediakan tiket pertandingan badminton, renang, softbol, voli, basket, dan atletik. 

"Hadirnya kolaborasi ini serta penambahan sejumlah titik distribusi dapat menjawab persoalan lalu lintas data yang tinggi," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (22/8/2018).

Tag : asian games 2018
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top