ASIAN GAMES 2018: Akankah Pencak Silat Menjadi Cabang Pendulang Emas?

Pencak Silat merupakan salah satu cabang olahraga baru yang dipertandingkan dalam perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Tidak hanya itu, bagi Indonesia sebagai negara pemilik seni bela diri ini, pencak silat merupakan perjuangan lain.
Rahmad Fauzan | 18 Agustus 2018 15:05 WIB
Presiden Joko Widodo (ketiga kanan) menyampaikan arahan kepada para atlet pencak silat di kawasan Taman Mini Indonesia Timur, Jakarta, Senin (6/8/2018). Arahan dari Presiden ini merupakan bagian dari persiapan Asian Games 2018. - JIBI/Yodie Hardiyan

Bisnis.com, JAKARTA - Pencak silat merupakan salah satu cabang olahraga baru yang dipertandingkan dalam perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. Tidak hanya itu, bagi Indonesia sebagai negara pemilik seni bela diri ini, pencak silat merupakan perjuangan lain.

Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya bersama The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sedang membahas pengajuan pencak silat sebagai warisan budaya tak benda dunia untuk kemanusiaan.

"Selama setahun terakhir, berkas dan dokumen disusun dengan seksama oleh tim yang terdiri dari berbagai pemangku kepentingan," ujar Hilmar terkait dengan pengajuan Pencak Silat ke UNESCO, Sabtu (18/8/2018).

Hilmar mengatakan dipertandingkannya pencak silat di Asian Games 2018 dapat membantu pengajuannya sebagai warisan budaya tak benda dunia.

"Pada intinya, yang ingin diperlihatkan (ke UNESCO) adalah nilai universal yang menonjol dari pencak silat. Dan tentu, arti pentingnya bukan hanya dari segi olahraga saja, tetapi juga untuk kemanusiaan, perdamaian dan sebagainya. Mudah-mudahan bulan November kita tahu hasilnya seperti apa," ucap Hilmar.

Namun, jika cabang olahraga perpaduan antara bela diri dan tari ini dapat menyumbangkan medali emas untuk Indonesia, maka tentu perhatian dunia akan terserap lebih dalam, terutama UNESCO.

Hilmar Farid optimistis Pencak Silat, seni bela diri yang berasal dari kearifan lokal dan ekspresi seni budaya bangsa ini akan memeberikan medali emas bagi kontingen Indonesia.

Pencak Silat memasang target empat medali emas di Asian Games 2018. Pelatnas Asian Games 2018 cabang olahraga pencak silat diikuti oleh 22 atlet di Solo di bawah arahan tujuh pelatih.

Kontingen Indonesia di cabor Pencak Silat akan turun di 16 nomor dengan perincian 10 nomor tanding; tujuh putra dan tiga putri; dan, enam nomor seni; tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta regu putra dan putri.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top