NBA: New York Knicks akan Berpisah dengan Center Joakim Noah

New York Knicks masih mencari cara untuk berpisah dengan center Joakim Noah setelah camp latihan berakhir.
Ilman A. Sudarwan | 11 Agustus 2018 00:16 WIB
New York Knick - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — New York Knicks masih mencari cara untuk berpisah dengan center Joakim Noah setelah camp latihan berakhir.

Dikutip dari Reuters, Knicks diperkirakan akan menggunakan provisi waive-and-stretch mereka untuk membuang Noah dari skuad saat ini. Rencana tersebut diperkirakan akan dilancarkan setelah 1 September, setelah klub tidak menemukan tim lain yang tertarik untuk mengakuisisi Noah lewat skema trade.

Melalui provisi tersebut, Knicks dapat menghemat cap kontrak 2 tahun senilai US37,8 juta yang tersisa pada kontrak Noah. Klub akan membayarkan gaji Noah pada musim 2019-2020 dengan mencicilnya selama 3 tahun depan.

Perseteruan antara klub dan Noah dimulai pada 24 Januari, saat dia terlibat adu mulut dengan pelatih utama klub saat itu Jeff Hornacek dalam sesi latihan. Hal tersebut terjadi sehari setelah Noah mengamuk kepada sang pelatih saat dirinya ditarik keluar dalam laga melawan Golden State Warriors.

Joakim Noah/Reuters-fansided.com

Setelah kejadian tersebut, kedua pihak bersepakat untuk berpisah secara indefinitif untuk meredakan tegangan yang terjadi antara Noah dan pelatihnya pada 2 Februari. Hingga saat ini, Noah tidak pernah kembali ke klub.

Sebelumnya, pelatih baru David Fizdale mengatakan bahwa dia akan bertemu dengan Noah pada masa liburan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Namun, tampaknya upaya untuk menarik kembali mantan Defensive Player of The Year tersebut tak berjalan mulus.

Pada Februari, klub juga telah mencoba untuk mencari jalan keluar melalui trade, namun tidak menemukan pemain dari klub lain yang ideal. Selain itu, Knicks kesulitan menemukan klub lain yang tertarik karena Noah masih memiliki kontrak yang mahal.

Percobaan Knicks untuk mencari jalan keluar untuk dilema keberadaan Noah juga tidak berbuah apa-apa memasuki masa liburan saat ini. Hal ini menguatkan perkiraan bahwa Knicks akan menggunakan hak provisinya untuk berpisah dengan Noah.

Sepanjang musim lalu, Noah hanya bermain dalam tujuh laga, dan semuanya dilakukan sebagai pemain pengganti. Rataan skornya juga tak memuaskan, hanay 1,7 poin dan 2 rebound perpertandingan dalam rataan menit bermain 5,7 menit per pertandingan.

Pada musim sebelumnya—musim pertamanya sebagai pemain Knicks, statistiknya juga tidak jauh berbeda, dia mencatatkan 5,0 poin, 8,8 rebound per pertandingan dalam 46 laga.

Noah yang pernah masuk All-Star dua kali punya memang punya masalah dengan tingkat kebugaran dan cedera menahun yang dialaminya. Akibat kondisi fisik tersebut, dia hanya mampu bermain dalam kurang dari 70 laga dalam delapan musim terakhirnya.

Sumber : Reuters

Tag : basket nba
Editor : Martin Sihombing
Top