Pembukaan Asian Games 2018, Pertunjukan Kolosal Pemersatu Bangsa

Indonesia serius mempersiapkan perhelatan akbar Asian Games 2018 di antaranya dengan bakal menyajikan sajian kolosal yang merupakan sarana pemersatu bangsa.
M. Syahran W. Lubis | 20 Juli 2018 23:03 WIB
Latihan sebagai persiapan pertunjukan yang akan disajikan pada upacara pembukaan Asian Games 2018. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Di Senayan, Jakarta, pada 1962. “Dengan mengucap Bismillah, saya menyatakan Asian Games keempat tahun 1962 di Jakarta resmi dibuka,” begitu seruan sang Proklamator yang juga Presiden Republik Indonesia pertama Soekarno saat membuka Asian Games keempat.

Berselang 56 tahun kemudian ditempat yang kemegahannya tak surut, bangsa ini kembali mengulang sejarah dengan membuka secara resmi Asian Games ke-18.

Asian Games ke-18 akan dibuka dengan pertunjukan kolosal sebagai bukti kepada dunia bahwa Indonesia adalah bangsa yang besar dan mampu menyelenggarakan event berskala internasional.

Pada pelaksanaannya nanti,  acara tersebut akan melibatkan sekitar 6,000 artis, musisi, penari, tim kreatif, teknisi dan produksi.

Menariknya, usia dari pengisi acara pada pembukaan ini sangat beragam, yakni dari yang termuda 9 tahun hingga yang tertua 77 tahun. Pertunjukan megah ini memiliki konsep yang akan memperlihatkan ragam budaya Indonesia namun tetap mengusung persatuan.

Selanjutnya, pembukaan Asian Games 2018 yang diperkirakan disaksikan oleh miliaran penonton di dunia ini akan menampilkan artis Indonesia berkelas internasional, Anggun, ikut menyemarakkan pembukaan Asian Games 2018.

Tidak ketinggalan, artis top lainnya juga akan tampil pada momen bersejarah ini, antara lain adalah Raisa, Tulus, Edo Kondologit, Putri Ayu, Fatin, GAC, D'Masiv , Ariel - Noah, Kamasean, dan Via Vallen akan menambah kemeriahan pembukaan Asian Games 2018 di hadapan lebih dari 42.000 penonton langsung.

Para artis pengisi acara akan tampil di atas sebuah panggung yang spektakuler, yang merupakan salah satu yang terbesar dan tertinggi dibandingkan acara sejenis.

Panggung dengan ukuran panjang 120 meter, lebar 30 meter, serta tinggi 26 meter tersebut akan bernuansa pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi dengan berbagai tumbuhan flora ciri khas Indonesia yang cantik.

Panggung tersebut diisi dengan lebih dari 12.775 tanaman dan bunga, serta area tanaman tambahan yang mencakup lebih dari 1.350 meter persegi.

Panggung yang dibuat secara manual oleh pengrajin yang berada di Bandung dan Jakarta ini akan dipenuhi oleh total 4.000 penari arahan koreografer andal, Denny Malik dan Eko Supriyanto.

Kedua koreografer papan atas tersebut berkomitmen mengutamakan sendratari lokal dari semua daerah di Indonesia yang dipadukan dengan gerakan moderen.

Ribuan penari itu berasal dari masyarakat di Jakarta usia 18 hingga 45 tahun. Penari diambil dari para pendaftar dan melibatkan ragam usia untuk ikut serta dalam ajang multi cabang olahraga se-Asia.

“Dalam opening ceremony, penting bagi kami menampilkan keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia. Kami berkolaborasi dengan musisi, tim kreatif, dan tim produksi terbaik di Indonesia. Ini penting untuk memperkuat rasa bangga dan cinta terhadap bangsa, sehingga kita mampu menunjukkanya kepada dunia,” ujar Creative Director Opening Ceremony Asian Games 2018, Wishnutama, sebagaimana siaran pers yang diterima Bisnis.com pada Jumat (20/7/2018).

Penari yang telah berlatih berbulan-bulan tersebut akan tampil energik dan elegan diiringi ratusan pemusik di bawah arahan Addie MS dan Ronald Steven, seniman musik yang tak asing lagi.

“Pembukaan Asian Games 2018 momen bersejarah bangsa ini dan pengalaman yang mungkin hanya sekali seumur hidup. Jangan lewatkan acara kolosal yang mahadahsyat ini, masyarakat Indonesia dapat menyaksikannya secara langsung atau melalui seluruh stasiun televisi nasional,” tutup Erick Thohir, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018.

Tag : Asian Games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top