Asian Games 2018: Dayung Bidik 2 Medali Emas

Indonesia menargetkan perolehan dua medali emas dari dayung pada Asian Games XVIII 2018.
Newswire | 13 Juli 2018 22:28 WIB
Pedayung Indonesia Dewi Yuliawati - Reuters/Carlos Barria

Bisnis.com, PALEMBANG – Ketua Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Basuki Hadimuljono mengatakan Indonesia menargetkan perolehan dua medali emas pada Asian Games XVIII 2018.

"Targetnya dua emas dari kategori Perahu Naga (dragon boat). Karena itu, kita berlatih melalui ajang Kejuaraan Perahu Naga Piala Presiden," kata Basuki yang juga Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di sela kunjungan kerjanya ke Jakabaring Sport City Center, Palembang, Jumat (13/7/2018).

Lawan terberat, kata Basuki, adalah China dan Vietnam. Menurut Basuki, pada Asian Games 2010, Indonesia empat emas, tiga emas dari dayung dragon boat, enam perak dan tiga diantaranya dari dragon boat juga.

Terkait dengan kejuaraan sebelum Asian Games itu, Basuki menyebutkan Presiden Jokowi, Sabtu (14/7) dijadwalkan mencoba arena dayung tersebut dan kemudian meresmikannya.

Pada kejuaraan itu, akan diikuti kontingen dari 17 provinsi dan 4 tim TNI/Polri dengan jumlah peserta kurang lebih 500 atlet dayung.

Terkait dengan kualitas arena dayung itu, Menteri Basuki menyatakan disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Asia.

Arena memiliki lintasan dengan lebar seluas 200 meter dan panjang 2200 meter dengan kedalaman lima meter dilengkapi tribun penonton berkapasitas 2.144 kursi.

"Kawasan sekitar venue juga dilakukan penataan, sehingga menjadi rapi dan hijau sekaligus menjadi ruang terbuka hijau di Kota Palembang," kata Basuki.

Pada hari Minggu dan hari libur, ruang terbuka hijau sekitar embung Jakabaring banyak dikunjungi oleh masyarakat Palembang dan sekitarnya.

Konstruksi venue dayung dikerjakan oleh PT Nindya Karya (Persero) dengan nilai kontrak Rp148 miliar yang dimulai sejak 7 Desember 2016 hingga 31 Desember 2017.

Sumber : Antara

Tag : Asian Games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top