Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MotoGP Belanda: Beda Ban Belakang, Marquez Ungguli Rossi 0,286 Detik di FP1

Marc MarqueZ tampil sebagai pebalap tercepat di MotoGP Belanda saat sesi Free Practince 1 (FP1) di Sirkuit Assen hari ini, Jumat (29/6/2018). Marquez menghempaskn Valentino Rossi di posisi ke-3 hanya karena perbedaan ban belakang.
Marc Marquez vs Valentino Rossi
Marc Marquez vs Valentino Rossi

Bisnis.com, JAKARTA – Marc Marquez tampil sebagai pebalap tercepat di MotoGP Belanda saat sesi Free Practince 1 (FP1) di Sirkuit Assen hari ini, Jumat (29/6/2018). Marquez menghempaskan Valentino Rossi di posisi ke-3 hanya karena perbedaan ban belakang.

Data Motogp.com menyebutkan, sesi FP1 atau Latihan 1 digelar pukul  09:55—10:40 waktu setempat atau 14:55—15:40 WIB.

Marc Marquez membukukan waktu tercepatnya 1:34,227 (1 menit 34,227 detik) pada lap 19 dari total 21 lap yang dia habiskan di sesi Latihan 1.

Maverick Vinales menempati posisi kedua dengan catatan waktu tercepat 1 lap 1:34,404 atau lebih lambat 0,177 detik dari Marquez.

Vinales membukukan waktu tercepat tersebut pada lap 17 dari total 19 lap yang di habiskan di sesi Free Practice 1.

Sementara itu, Valentino Rossi membukukan waktu tercepat satu lap 1:34,513 atau lebih lambat 0,286 detik dari Marquez.

Sesi FP1 sempat diwarnai kecelakaan yang dialami Jorge Lorenzo (Ducati). Lorenzo (Ducati) yang musim balap tahun depan akan berlabuh ke Repsol Honda, mengalami kecelakaan dan harus keluar dari sesi Latihan 1 setelah menjalani balapan sebanyak 12 lap.

Torehan waktu terbaik Lorenzo adalah1:34,811 atau 0,584 detik lebih lambat dari Marquez. Torehan waktu itu menempatkan Lorenzo di posisi ke-7.

Berdasarkan data motogp.com, Marquez membalap dengan menggunakan ban slick-medium untuk roda depan dan slick-soft untuk roda belakang.

Sementara itu, Rossi menggunakan ban slick-medium untuk roda depan maupun belakang saat mencapai waktu terbaiknya tersebut.

Dengan ban slick-medium, cengkeraman roda belakang lebih kuat sehingga sedikit menghambat laju  motor dibandingkan jika menggunakan ban belakang slick-soft.

Apakah Rossi mampu menandingi Marquez seandainya menggunakan ban yang sama: slick-medium di depan dan slick-soft di belakang?

Kita tunggu saja ramuan roda Rossi di sesi FP2 hari ini yang akan digelar pukul 19:05—19:50 WIB.

Sirkuit Assen memiliki panjang lintasan 4,5 kilometer dan balapan akan digelar sebanyak 26 lap atau menempuh jarak 118,1 kilometer.

Catatan waktu tercepat satu lap pernah ditorehkan Rossi pada  musim balap 2015 dengan catatan waktu 1:32,627 saat The Doctor meraih pole position (start terdepan) di Kualifikasi 2.

Waktu itu Rossi masih berduet dengan Lorenzo di bawah bendera Movistar Yamaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler