Sumsel Gaungkan Asian Games Hingga Kabupaten

Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan perhelatan akbar Asian Games 2018 digaungkan di tingkat kabupaten/kota untuk menumbuhkan semangat dan rasa bangga sebagai tuan rumah.
Newswire | 26 Juni 2018 15:23 WIB
Foto aerial stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ) yang berada di kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC) Palembang, Sumatra Selatan. - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan perhelatan akbar Asian Games 2018 digaungkan di tingkat kabupaten/kota untuk menumbuhkan semangat dan rasa bangga sebagai tuan rumah.

"Saya secara kontinu menyosialisasikan Asian Games, bukan hanya di Palembang tapi hingga ke kabupaten/kota di Sumsel. Ini tak lain agar masyarakat Sumsel tahu betapa besarnya ajang olahraga ini, dan bangganya kami sebagai warga Sumsel," kata Alex di Palembang, Selasa.

Dia mengatakan sosialisasi ini menyebar ke seluruh kalangan, mulai dari masyarakat umum, asosiasi berbagai profesi hingga komunitas.

Menurut Alex, masyarakat harus memanfaatkan momen Asian Games ini sebaik-baiknya karena kesempatan serupa belum tentu diperoleh kembali.

"Asian Games pertama di Indonesia digelar pada 1962, kemudian ada lagi tahun ini. Artinya, Asian Games itu hanya sekali seumur hidup, jadi sayang jika kita tidak memanfaatkan momen ini dengan menjadi tuan rumah yang baik," kata dia.

Alex melanjutkan warga harus memahami bahwa Asian Games ini menjadi pintu pembuka memperkenalkan Palembang ke dunia internasional. Jika nantinya sudah dikenal, maka akan menarik masuk investor.

"Sumsel layak menjadi provinsi tujuan investasi karena infrastrukturnya sudah sangat mendukung. Kota Palembang, sudah memiliki Light Rail Transit. Kemudian bakal ada delapan ruas jalan tol, yang dua di antaranya akan beroperasi tahun ini," ujarnya.

Kemudian, tak kalah penting, Asian Games diharapkan dapat menjadi jalan pembuka Sumsel untuk mengembangkan kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api dan Tanjung Carat.

"Jika KEK ini jalan, Sumsel bakal menjadi provinsi terdepan di Indonesia dan tidak bakal terkejar lagi," kata Gubernur.

Sumatra Selatan menjadi tuan rumah Asian Games bersama dengan DKI Jakarta dengan menggelar 13 cabang olahraga, di antaranya sepak bola wanita, boling, tenis lapangan, panjat tebing, sepatu roda, menembak, voli pantai, dayung, dan ski air.

Sebanyak 15.000 atlet dan ofisial diperkirakan mengunjungi Palembang untuk mengikuti ajang multi-event olahraga tersebut.

Sumber : Antara

Tag : Asian Games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top