Sumsel Diminta Perkuat Olahraga Boling Nasional

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) membangun akademi boling untuk menciptakan atlet berprestasi seiring telah tersedianya fasilitas venue boling terbaru di Jakabaring Sport City, Palembang.
Dinda Wulandari | 31 Mei 2018 01:19 WIB
Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi (kedua kiri) menyaksikan serah terima venue bowling yang dibangun oleh Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas ke Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan, Rabu (30/5). - Istimewa

Bisnis.com, PALEMBANG -- Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Selatan (Sumsel) membangun akademi boling untuk menciptakan atlet berprestasi seiring telah tersedianya fasilitas venue boling terbaru di Jakabaring Sport City, Palembang.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan kehadiran venue tersebut dapat menumbuhkan bibit unggul untuk olahraga ini.

"Saya bangga sekali dengan venue ini. Ini venue terbaik di dunia. Setelah Asian Games, harapannya agar venue ini tetap dapat difungsionalkan," ujarnya saat menyaksikan serah terima venue boling yang dibangun oleh Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas ke Pemprov Sumsel, Rabu (30/5/2018).

Serah terima gedung yang berada di kawasan Jakabaring Sport City itu menjadi bukti dukungan pihak swasta demi keberhasilan Asian Games 2018.

Imam menerangkan kebanggaannya atas venue tersebut karena memenuhi standar internasional dan diklaim sebagai venue boling terbaik di dunia.

Dia melanjutkan Presiden RI Joko Widodo memberikan tanggung jawab penuh kepada para atlet Indonesia agar dapat berjuang masuk 10 besar dalam gelaran Asian Games 2018, di mana ditargetkan minimal meraih 16 medali besar.

"Harapannya nanti dapat dua emas dari cabang olahraga boling. Begitupun dari cabang olahraga lain. Venue ini kan sudah bagus dan terbaik di Asia bahkan dunia," tutur Imam.

Setelah serah terima ini, segera akan ada pergeseran atlet pelatnas ke Jakabaring untuk bersiap bertanding di Asian Games.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan arena boling itu dibangun sepenuhnya oleh sponsor dan Pemprov hanya menerima dalam bentuk hibah berupa bangunan fisik.

"Terdapat 40 lintasan boling dengan dilengkapi fasilitas mesin AMF. Bisa dikatakan arena ini menjadi yang terbaik di Asia saat ini," tukasnya.

Sementara itu, Managing Director Sinar Mas Saleh Husin menuturkan APP Sinar Mas sebagai Official Partner Asian Games 2018 berupaya berkontribusi terbaik bagi momen bersejarah ini melalui berbagai bentuk dukungan, salah satunya melalui pembangunan Jakabaring Bowling Center.

"Total anggaran yang APP Sinar Mas alokasikan untuk pembangunan bowling center ini senilai Rp27 miliar," sebutnya.

Jakabaring Bowling Center memiliki luas bangunan sekitar 4.200 meter persegi yang berdiri di atas lahan seluas 2,8 hektare (ha). Bowling center itu memiliki 40 line, jumlah yang jauh lebih banyak dari rata-rata bowling center lainnya yang hanya memiliki 20--30 line.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top