ASIAN GAMES 2018: Pemerintah Kebut Pembangunan Venue dan Non-Venue

Meski menargetkan seluruh venue bakal siap Juni mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut masih ada lima venue Asian Games 2018 yang pembangunannya belum selesai.
Amanda Kusumawardhani | 28 Mei 2018 16:15 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menpora Imam Nahrawi (kedua kiri), Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kedua kanan) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) meninjau Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (26/2). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Meski menargetkan seluruh venue bakal siap Juni mendatang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebut masih ada lima venue Asian Games 2018 yang pembangunannya belum selesai.

Kelima venue tersebut antara lain arena perlombaan cabang jetski dan perahu layar di kawasan Ancol, lapangan squash, arena pencak silat, venue baseball di Lapangan Baseball Rawamangun, dan arena dayung di Palembang.

“Yang Rawa Mangun [venue baseball], kata Pak Anis [Gubermur DKI Jakarta] baru minggu pertama Juli 2018 selesainya,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Istana Negara, Senin (28/5/2018).

Mundurnya penyelesaian arena baseball karena keputusan untuk membangun arena tersebut pada Februari 2018. Sebelumnya, baseball direncanakan bakal dilakukan di area Gelora Bung Karno (GBK), Senayan.

Sementara itu, fasilitas non-venue yang masih dalam proses pengerjaan antara lain area kawasan Asian Games 2018, area parkir, dan coffe tea house. Secara keseluruhan, Indonesia menyiapkan 76 venue dan 14 non-venue untuk pagelaran Asian Games 2018.

“Lainnya rehabilitasi kecil-kecil. Yang Jawa Barat cuma lighting-nya dan rumputnya,” tekannya.

Kementerian PUPR mengerjakan renovasi sebagai penugasan dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2016 dan Inpres Nomor 3 Tahun 2018.

Venue Asian Games di area GBK terdapat 14 venue dan beberapa venue lainnya. PUPR telah mengucurkan dana senilai Rp 2,9 triliun untuk memperbaiki atau renovasi (GBK).

Tag : Asian Games 2018
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top