Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Tenis Madrid: Nadal Ukir Rekor Setelah Hajar Schwartzman

Petenis peringkat satu dunia Rafael Nadal mengukir rekor baru dengan memenangi 50 set secara beruntun pada satu jenis permukaan lapangan dengan menaklukkan petenis Argentina Diego Schwartzman Madrid Terbuka.
Petenis Spanyol Rafael Nadal/Reuters-Shannon Stapleton
Petenis Spanyol Rafael Nadal/Reuters-Shannon Stapleton

Bisnis.com, JAKARTA - Petenis peringkat satu dunia Rafael Nadal mengukir rekor baru dengan memenangi 50 set secara beruntun pada satu jenis permukaan lapangan dengan menaklukkan petenis Argentina Diego Schwartzman dengan skor 6-3 6-4 pada Jumat pagi WIB (11/5/2018) untuk mencapai perempat final Madrid Terbuka di Spanyol.

Petenis asal Mallorca, Spanyol, itu mematahkan rekor sebelumnya yang dimiliki John McEnroe (AS) dengan 49 kemenangan beruntun yang telah bertahan sejak 1984 dengan menaklukkan unggulan ke-13 Diego Schwarzmann (Argentina) dan mencatatkan kemenangan beruntun ke-21-nya di lapangan tanah liat.

Nadal akan menghadapi petenis Austria Dominic Thiem di delapan besar pada Sabtu dini hari WIB (12/5/2018), saat ia mengejar gelar Madrid Terbuka keenamnya setelah memulai musim lapangan tanah liat dengan memenangi Monte Carlo Masters untuk ke-11 kalinya dan mengangkat trofi Barcelona Terbuka untuk ke-11 kalinya.

Nadal mengaku tidak terlalu memikirkan rekor tersebut. "Saat ini saya tidak akan pergi ke sana dan memikirkan hal-hal semacam itu. Saya hanya memikirkan lawan saya, apa yang harus saya lakukan untuk terus melaju. Itu saja," kata Nadal.

"Ketika karier saya berakhir, hal-hal ini akan selalu ada. Itu rekor-rekor besar. Sulit untuk dapat memenangi 50 set secara berturut-turut. Namun saya telah melakukannya. Mari tidak membicarakan hal itu lagi dan meneruskan apa yang telah kita jalani,” lanjutnya.

Petenis peringkat keenam dunia Juan Martin del Potro tersingkir dari turnamen ini setelah petenis Serbia Dusan Lajovic bangkit dari tertinggal satu set untuk mengalahkan petenis Argentina itu dengan skor 3-6, 6-4 7-6(6) pada putaran ketiga.

Del Potro terlihat mengendalikan permainan ketika ia mengonversi dua kesempatan break point untuk memenangi set pembukaan, tetapi Lajovic yang merupakan petenis peringkat 95 dunia bekerja keras untuk tetap bertahan di kompetisi ini.

Break pada pertengahan set kedua sudah cukup bagi Lajovic untuk memaksakan dimainkannya set penentuan sebelum dia mengamankan kemenangan atas petenis 10 besar untuk pertama kali sepanjang kariernya pada tiebreak.

"Ini tentu saja merupakan kemenangan terbaik saya, dan tentu saja merupakan salah satu pertandingan terbaik yang saya mainkan. Saya masih tidak 100 persen memercayainya, tetapi saya tahu saya layak untuk menang pada hari ini," ucap Lajovic.

Pada perempat final, Lajovic akan bertemu petenis Afrika Selatan Kevin Anderson, yang mengalahkan Philipp Kohlschreiber asal Jerman dengan skor 6-3 7-6 (7).

Petenis Inggris Kyle Edmund menindaklanjuti kemenangan mengejutkannya atas Novak Djokovic dengan mengalahkan petenis peringkat 10 dunia David Goffin untuk mencapai delapan besar ajang ATP Masters 1000 untuk pertama kali sepanjang kariernya.

Petenis berusia 23 tahun itu dua kali mematahkan serve lawannya pada set pembukaan dan satu kali di set kedua, untuk mengunci kemenangan 6-3, 6-3 pada pertarungan yang berlangsung selama satu jam 12 menit.

"Saya melakukan permainan saya dengan sangat baik. Permainan saya membaik dan semakin baik, dan saya mengambil momen-momen untuk tidak agresif," tutur Edmund.

Pendongkrak kepercayaan diri Edmund selanjutnya akan menghadapi petenis muda Kanada Denis Shapovalov, yang mengukir kemenangan 6-4 6-4 atas rekan senegaranya Milos Raonic, yang berdarah Serbia tapi lahir di Montenegro dan kemudian beralih kewarganegaraan ke Kanada.

"Ini jelas salah satu hari terbaik saya di lapangan tanah liat," kata petenis 19 tahun Shapovalov, yang berdarah Rusia-Yahudi, dan kelahiran Tel Aviv, Israel, yang menghuni peringkat ke-43 di dunia, tertinggal 19 posisi di bawah Raonic.

"Untuk berada di atas lapangan melawan legenda semacam itu bagi saya, dan untuk negara saya, merupakan suatu kehormatan. Apa yang Raonic lakukan untuk negara kami, untuk tenis, selama beberapa tahun terakhir hal yang mengagumkan. Mengalahkannya merupakan pendongkrak kepercayaan diri yang besar bagi saya."

Petenis AS John Isner juga melaju ke perempat final setelah menaklukkan petenis Uruguay Pablo Cuenas pada pertarungan yang berlangsung ketat yang berakhir dengan skor 7-6(9), 7-6(3), 7-6(4). Ia selanjutnya akan bermain melawan petenis Jerman Alexander Zverev, yang menang 6-4, 6-2 atas petenis Argentina berdarah Jerman, Leonardo Mayer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler