Pembangunan Arena Pertandingan Asian Games Hampir Rampung

Sebanyak 78 arena pertandingan dan 14 nonarena pertandingan disiapkan sebagai sarana dan prasarana Asian Games XVIII yang digelar Agustus 2018 di Jakarta, Sumatra Selatan, dan Jawa Barat.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 23 April 2018  |  10:47 WIB
Pembangunan Arena Pertandingan Asian Games Hampir Rampung
Logo Asian Games 2018

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 78 arena pertandingan dan 14 nonarena pertandingan disiapkan sebagai sarana dan prasarana Asian Games XVIII yang digelar Agustus 2018 di Jakarta, Sumatra Selatan, dan Jawa Barat.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa dari jumlah tersebut 33 arena pertandingan (venue) serta 10 bangunan/penataan kawasan dikerjakan oleh kementerian itu.

“Untuk mendukung Asian Games 2018, Kementerian PUPR bertugas membangun dan merehabilitasi venue. Untuk progresnya sudah hampir selesai semua, paling lambat Juni 2018,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (22/4/2018). 

Kementerian PUPR telah menyelesaikan seluruh arena pertandingan di kompleks Gelora Bung Karno Jakarta, arena pertandingan dayung dan menembak, serta wisma atlet Kemayoran.

Saat ini kementerian menyelesaikan arena pertandingan layar, jetski, skuas dan padepokan silat di Taman Mini Indonesia Indah Jakarta. Di Palembang tengah dikerjakan arena pertandingan skateboard.

Untuk pembangunan arena pertandingan layar dilakukan di Pantai Ancol Barat di lahan 13.890 meter persegi dan jetski di Pantai Indah Ancol di lahan 27.034 meter persegi.

Total nilai kontrak untuk pembangunan kedua arena pertandingan itu sebesar Rp172,57 miliar dan pembangunannya telah dimulai sejak Oktober 2017.

"Saat ini progres keseluruhan sudah mencapai 44,3%. Kedua venue dijadwalkan rampung pada Juni 2018," ucap Basuki.

Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Venue Jetski dan Layar Eky Arsita Rizky mengatakan bahwa kedua arena pertandingan itu dilengkapi berbagai fasilitas untuk mendukung perlombaan tingkat dunia.

Untuk arena pertandingan jetski akan dilengkapi gedung dan dermaga permanen yang tidak banyak dimiliki oleh negara lain.

Selanjutnya, untuk arena pertandingan layar, fasilitasnya akan dilengkapi antara lain pemecah ombak terapung sepanjang 220 meter, dermaga terapung, parkir kontainer berkapasitas 30 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gelora bung karno, asian games 2018

Editor : Zufrizal
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top