Presiden Dorong Swasta & BUMN Dukung Olahraga

Presiden Joko Widodo meminta perusahaan swasta dan juga BUMN agar mendukung penuh prestasi berbagai cabang olahraga.
Newswire | 03 April 2018 01:08 WIB
Pebalap Sean Gelael termasuk atlet yang kerap kali mendapatkan sponsor dari dunia usaha termasuk BUMN. - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta perusahaan swasta dan juga BUMN agar mendukung penuh prestasi berbagai cabang olahraga.

"Bapak Presiden mengharapkan dunia usaha yang lain harus mengambil peran masing-masing-masing-masing cabang olahraga karena kalau sudah diambil peran-peran itu, maka soal sponsor, pembinaan, soal fasilitas itu akan terpenuhi dengan baik," kata Menpora Imam Nahrawi di kantor presiden Jakarta, Senin (2/4/2018).

Imam Nahrawi bersama dengan pemenang All England 2018 Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka.

"Kiranya itu menjadi perhatian, tanpa adanya partisipasi prestasi tidak akan lebih baik di masa-masa datang. Ini digarisbawahi Bapak Presiden. Bapak Presiden menginginkan nanti tidak hanya dunia usaha tapi BUMN juga bapak asuh dari cabang-cabang olahraga di Tanah Air. Ini demi kemajuan prestasi olahraga Indonesia di masa-masa datang," ungkap Imam.

Menpora mencontohkan cabang olahraga tenis meja yang juga disponsori BUMN, tetapi hal itu tidak diikuti oleh BUMN lain untuk cabang olahraga yang lebih luas.

"Tidak ada pilihan kecuali kita ajak mereka untuk menjadi bapak asuh, tentu dengan pendekatan lebih khusus lagi dari pemerintah kepada dunia usaha. Dalam konteks pembinaan dan penyiapan infrastruktur memang belum banyak kecuali sponsor insidental dalam setiap turnamen," ujarnya.

Padahal, menurut dia, yang diperlukan adalah penyiapan infrastruktur yang besar, luas, layak, dan manusiawi. Menpora mengakui pemerintah tidak dapat berjalan sendiri untuk memajukan berbagai cabang olahraga.

Sumber : Antara

Tag : olahraga
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top