Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cabang Motoprix di PON 2020 Bakal Digelar di Papua Barat

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyatakan Papua Barat siap menjadi tuan rumah cabang olahraga balap motor (motoprix) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.
Stadion Mandala di Jayapura, Papua, venue utama PON 2020./Antara-Wahyu Putro
Stadion Mandala di Jayapura, Papua, venue utama PON 2020./Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, MANOKWARI - Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyatakan Papua Barat siap menjadi tuan rumah cabang olahraga balap motor (motoprix) Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020.

"Sepertinya bisa terwujud karena Provinsi Papua belum memiliki sirkuit balap untuk menyelenggarakan lomba motoprix," kata Mandacan di Manokwari, Papua Barat, Selasa (27/3/2018).

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat ini menuturkan belum lama ini KONI Pusat bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) menggelar rapat bersama Pemprov Papua membahas kesiapan sirkuit.

Namun, cabang balap motor terancam tidak dipertandingkan di PON XX/2020 karena Papua sebagai tuan rumah belum memiliki sirkuit.

Menurutnya, kondisi ini menjadi peluang bagi Papua Barat untuk ikut andil sebagai tuan rumah PON 2020 khusus cabang balap motor. Papua Barat akan segera memiliki sirkuit balap motor yang sedang dibangun di Distrik Masni, Manokwari.

"Papua belum siap, belum punya sirkuit. Oleh sebab itu, ini kesempatan untuk Manokwari untuk jadi tuan rumah cabang balap motor. Kita segera siapkan sirkuit yang memenuhi persyaratan," ujarnya.

Mandacan menjelaskan ada enam medali emas yang akan dilombakan pada cabang balap motor. Tentu ini menjadi kesempatan bagi kontingen Papua Barat untuk mempersiapkan pembalap andal.

"Jadi, kalau kita punya sirkuit, maka kita tentu sudah menguasai medan. Paling tidak separuh medali kita bisa ambil," ujarnya.

Mandacan bersama sejumlah pejabat dan para biker akhir pekan lalu meninjau progres pembangunan sirkuit yang berlokasi SP-6 Masni, Manokwari. Konvoi menggunakan sepeda motor dengan titik kumpul di halaman eks-kantor gubernur di Jalan Siliwangi.

Rombongan kendaraan yang didominasi motor jenis KLX itu bergerak pada pukul 07.00 WIT. Dalam waktu sekitar 2 jam rombongan tiba di lokasi.

Gubernur optimistis pembangunan sirkuit Masni Manokwari segera tuntas dan bisa diuji sebelum PON XX bergulir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler