All England 2018: Kevin/Marcus, Praveen/Debby & Hafiz/Gloria Lolos

All England 2018: Kevin/Marcus, Praveen/Debby & Hafiz/Gloria Lolos
Newswire | 16 Maret 2018 08:18 WIB
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo (kiri) dan Marcus Fernaldi Gideon (kanan) mengembalikan kok pada babak pertama kejuaraan All England 2018 BWF World Tour Super 1000 di Birmingham, Inggris, Rabu (14/3/2018). - ANTARA/Humas PBSI

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia hanya mampu meloloskan tiga wakilnya ke babak perempat final turnamen bulu tangkis All England 2018, yang berlangsung di Birmingham, Inggris, Kamis, 15 Maret 2018. Mereka yang lolos adalah pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamulyo/Marcus Fernaldi Gideon, dan dua pasangan ganda campuran, Praveen Jordan/Debby Susanto serta Hafiz Faizal/Gloria Emanuele Widjaja. 

Pasangan Praveen/Debby menjadi yang pertama memastikan langkah ke babak perempat final. Mereka menaklukkan pasangan tuan rumah, Marcus Ellis/Lauren Smith dalam pertandingan dua game langsung, 21-12 dan 21-17.

Langkah ini kemudian disusul oleh pasangan ganda putra, Kevin/Marcus. Pasangan yang dijuluki The Minions itu mampu mengatasi perlawanan dari wakil Malaysia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi,  dalam pertandingan ketat tiga game 21-17, 20-22, dan 21-13.

Tampil sebagai unggulan pertama, Kevin/Marcus tampil menekan sejak awal pertandingan. Set pertama mampu direbut tanpa kesulitan berarti. Namun memasuki set kedua, Ong/Teo yang di babak pertama menaklukkan pasangan Indonesia lain, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mampu menekan balik. Saling kejar mengejar angka, wakil Malaysia akhirnya mampu menutup set kedua dengan keunggulan 20-22.

Di set penentuan, Kevin/Marcus mengubah gaya permainannya. Tampil lebih rileks dan tak terburu-buru, The Minions mampu menguasai permainan. Set ketiga pun ditutup dengan 21-13.

Pasangan muda Hafiz Faizal/Gloria Emanuele Widjaja menjadi wakik Indonesia terakhir yang memastikan lolos ke babak perempat final All England 2018. Mereka di luar dugaan mampu menaklukkan unggulan pertama sekaligus rekan sesama Pelatnas, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, dalam pertandingan yang sangat ketat. 

Menghadapi senior di pelatnas, tak membuat Hafiz/Gloria gentar. Mereka justru tampil rileks dan tak mudah melakukan kesalahan. Meski begitu, di set pertama mereka harus takluk 18-21.

Memasuki set kedua, pertandingan semakin sengit. Beberapa kali memimpin, Tontowi/Liliyana justru harus berbalik kalah 21-15. Pada game penentuan, kejar mengejar angka pun tak terhindarkan.

Tontowi/Liliyana yang berhasrat meraih gelar All England keempat mereka tampil dominan. Namun pasangan muda Hafiz/Gloria mampu mengimbangi permainan mereka. Tontowi/Liliyana bahkan nyaris menang setelah sempat mencapai match point 19-20. Namun dengan ketenangannya, Hafiz/Gloria mampu mengamankan angka.

Pertandingan berlanjut hingga skor imbang terjadi beberapa kali, yakni 26-26, 27-27, hingga 29-29. Di poin penentuan, smash keras Hafiz menyambut bola tanggung Tontowi gagal dihentikan oleh Liliyana. Shuttlecock pengembalian Liliyana keluar dan memastikan skor akhir 30-29 untuk kemenangan Hafiz/Gloria. 

Selain tiga wakil itu, Indonesia harus kehilangan tujuh wakil lainnya di babak kedua. Selain Tontowi/Liliyana di ganda campuran, di nomor tunggal putra, Jonatan Christie dan Tommy Sugiarto gagal melaju setelah kandas oleh lawannya. Fitriani di tunggal putri juga tak mampu mengatasi perlawanan unggulan tujuh asal Jepang, Nozumi Okuhara.

Di nomor ganda putri, dua wakil yakni Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta gagal melaju setelah takluk dari Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi dari Jepang yang menjadi unggulan kedua. Sedangkan Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani juga harus mengakui keunggulan wakil Jepang lain, Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto.

Di sektor ganda putra turnamen All England ini, pasangan senior yang baru kembali dipasangkan, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan juga kandas. Mereka takluk dari pasangan Taiwan, Liao Min Chun/Su Ching Heng.

Sumber : Tempo

Tag : bulutangkis
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top