Sebelum Asian Games, Pebalap Sepeda Indonesia Turun di Dua Turnamen

Sebelum Asian Games, Pebalap Sepeda Indonesia Turun di Dua Turnamen
Newswire | 21 Februari 2018 17:44 WIB
Ilustrasi-Pebalap sepeda nasional Robin Manullang - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pebalap sepeda Indonesia yang dipersiapkan untuk menghadapi Asian Games 2018 Jakarta-Palembang dihadapkan dua kejuaraan internasional di Vietnam dan Hongkong demi meningkatkan performa sebelum turun di kejuaraan empat tahunan itu.

Manajer tim balap sepeda Indonesia, Budi Saputra di Jakarta, Rabu mengatakan pebalap yang bakal di kirim ke kejuaraan di Vietnam adalah pebalap putri untuk kategori road race, sedangkan yang dikirim ke Hongkong adalah tim sprint putra.

"Untuk pebalap putri akan turun di Biwase Ladies Challenge Vietnam, 6-17 Maret. Sedangkan tim sprint putra akan turun di Asia Cup khusus track di Hongkong akhir Maret nanti," katanya.

Demi mengikuti kejuaraan tersebut, pihaknya dalam hal ini Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) telah menentukan siapa saja yang pebalap yang bakal diberangkat. Untuk tim road race putri memang tidak ada perubahan yang cukup berarti dibandingkan saat mengikuti kejuaraan-kejuaraan sebelumnya.

Ada lima pebalap yang masuk tim utama yaitu Yanti Fuchiyanti, Ayustina Delia Priatna, Magfirotika Marenda, Liontin Angelina Setiawan dan Azizah. Selain itu PB ISSI juga menyiapkan pebalap putri cadangan yaitu Yuni.

"Harapan kami mereka bisa menambah jam terbang pada kejuaraan internasional. Untuk sektor putri terutama disiplin road race selama ini memang belum banyak turun di sebuah kejuaraan," katanya.

Disiplin road race putri sesuai dengan rencana bakal dilombakan pada Asian Games 2018. Indonesia sebagai tuan rumah memang dituntut meraih hasil yang terbaik. Dengan banyak turun di kejuaraan internasional diharapkan mampu meningkatkan performa.

Sementara itu, untuk pebalap putra yang dipersiapkan untuk Asia Cup menurut Budi adalah sama dengan yang diturunkan pada Asia Cycling Championship (ACC) di Nilai, Malaysia pekan lalu. Hanya saja tidak melibatkan pebalap yang turun di nomor endurance.

Jika mengacu pada nama pebalap sprint yang turun di Malaysia, pebalap yang bakal dikirim ke Hongkong adalah Puguh Admadi, I Gusti Bagus Saputra, Terry Yuda Kusuma dan Ahmad Raditya.

"Untuk target, kami harapkan mereka mampu memperbaiki catatan waktu ACC pekan lalu," kata pria asal Purwokerto, Jawa Tengah itu.

Pada ACC di Velodrome Nasional, Nilai, Malaysia itu, trio pebalap Indonesia Puguh Admadi, I Gusti Bagus Saputra dan Terry Yuda Kusuma yang turun tim sprint membukukan catatan waktu 46,247 detik untuk menuntaskan tiga putaran lintasan velodrom.

Sumber : Antara

Tag : balap sepeda
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top