Tinjau Venue Asian Games di Palembang, Wapres Sebut Peluang Swasta

Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau perkembangan pembangunan sarana olahraga di Palembang yang akan menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018.
Dinda Wulandari | 07 Desember 2017 14:20 WIB
Jakabaring Sport City di Palembang - Antara

Bisnis.com, PALEMBANG - Wakil Presiden Jusuf Kalla meninjau perkembangan pembangunan sarana olahraga di Palembang yang akan menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018.

Tempat yang ditinjau Wapres pertama kali yaitu Gedung Bowling Centre yang dibangun APP Sinar Mas.

Wapres mengapresiasi dukungan swasta untuk suksesnya Indonesia sebagai tuan rumah kegiatan akbar 4 tahunan tersebut.

"Asian Games sangat penting artinya untuk mendorong sinergi dan kerja sama dengan berbagai pihak. Ini kebanggaan kita. Untuk kegiatan yang berlangsung selama 2 pekan, kita mempersiapkannya 2 tahun," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com Kamis pada (7/12/2017).

Wapres berharap Asian Games juga menjadi pendorong agar olahraga menjadi keseharian masyarakat.

Asian Games yang akan diikuti lebih dari 12.000 atlet ini nantinya juga ditayangkan secara live di beberapa negara termasuk China dan Jepang. "Ini kesempatan bagi swasta untuk menampilkan produk-produk terbaiknya,“ kata Kalla.

Asian Games tahun depan sarat makna karena dalam penyelenggaraannya yang ke-18, berlangsung mulai 18 Agustus, dalam suasana peringatan Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia.

Sementara itu, Managing Director Sinar Mas Saleh Husin mengatakan Sinar Mas melalui pilar usahanya Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, tidak hanya mendukung sponsorship, tapi juga investasi jangka panjang.

Dengan bantuan Sinar Mas ini, diharapkan Indonesia memiliki sejumlah fasilitas olahraga terkini dengan standar internasional. Secara jangka panjang, tak hanya atlet, publik juga akan mengaksesnya.

Saleh menambahkan APP Sinar Mas membangun gedung bowling centre sebagai salah satu venue olah raga di Palembang dengan total dana lebih dari Rp26 miliar. Pembangunan gedung bowling ini selesai akhir tahun ini dan diserahterimakan awal 2018.

"Kami juga membantu senilai US$4 juta untuk kegiatan Asian Games 2018," kata Saleh.

Dia menambahkan bantuan lainnya dalam bentuk in kind yaitu produk APP Sinar Mas, kertas foto copy Sinar Dunia (SiDU) sebagai official paper, dan tisu Paseo sebagai tisu resmi pada event penyelenggaraan Asian Games ini.

"Sinar Mas melalui unit usaha Sinarmas Land  juga membantu renovasi 16 gedung-gedung olahraga di Jakarta dan sekitarnya yang akan digunakan para atlet untuk berlatih menghadapi Asian Games ini. Pengerjaannya sudah dilakukan selama setahun terakhir dengan total biaya Rp70 miliar," tambahnya.

Dukungan tidak hanya diberikan pada pembangunan atau penyempurnaan fasilitas olahraga, karena sebelumnya Sinar Mas bersama sejumlah perusahaan lain juga telah bersinergi dalam renovasi Bundaran Hotel Indonesia.

Tag : Asian Games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top