Jana Novotna, Juara Tenis Wimbledon 1998, Meninggal Dunia

Petenis Republik Ceska Jana Novotna, yang menjuarai Winbledon 1998 setelah di dua final sebelumnya selalu kalah, meninggal dunia dalam usia 49 tahun.
M. Syahran W. Lubis | 21 November 2017 07:06 WIB
Jana Novotna - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Petenis Republik Ceska Jana Novotna, yang menjuarai Winbledon 1998 setelah di dua final sebelumnya selalu kalah, meninggal dunia dalam usia 49 tahun setelah lama berjuang melawan kanker.

Women's Tennis Association (WTA) pada Senin (20/11/2017) menyebutkan bahwa Novotna meninggal dunia pada Minggu (19/11/2017) di tengah keluarganya di Republik Ceska.

Dia menjalani karier tenis profesional selama 14 tahun dan merengkuh 24 gelar juara single serta 76 gelar di nomor ganda. Dia mendapatkan satu-satunya gelar grand slam di Wimbledon, London, setelah di final 1993 dan 1997 kalah.

Novotna memenangi hati para penggemarnya ketika menangis setelah membuang kesempatanb menang dan kalah di final Wimbledon 1993 dari petenis Jerman Steffi Graf. Dia kemudian dihibur oleh seorang bangsawan Inggris yang menyatakan bahwa suatu saat Novotna akan meraih gelar tersebut.

Juara 16 kali grand slam di nomor ganda ini merupakan salah satu nama besar yang pernah dimiliki sejarah tenis Republik Ceska.

“Dunia tenis sangat berduka dengan kepergian Jana Novotna,” ungkap Martina Navratilova, salah satu legenda tenis dunia melalui akun Twitter. “Sulit berkata-kata. Jana adalah teman sejati dan perempuan yang luar biasa.”

Navratilova, kini 61 tahun dan berdarah Cekoslowakia—sebelum pecah menjadi Ceska dan Slovakia—tetapi kemudian beralih kewarganegaraan ke Amerika Serikat pada 1975, berjuang melawan kanker payudara pada 2010.

Ketika itu, Novotna banyak membantu Navratilova untuk menjalani perawatan, yang kemudian membuat mereka berdua menjadi berteman dekat.

Novotna masuk Tennis Hall of Fame bpada 2005 dan tetap aktib di dunia olahraga, melatih sejumlah petenis di antaranya juara Wimbledon 2013 Marion Bartoli (Prancis) dan adinda senegaranya, Barbora Krejcikova.

WTA Chief Executive Steve Simon memandang Novotna memberi inspirasi baik di dalam maupun di luar lapangan bagi bsiapa pun yang sempat mengenalnya. “Bintangnya akan selalu bersinar terang dalam sejarah WTA.”

Sumber : Reuters

Tag : tenis
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top