Hasil Tenis ATP World Tour Finals: Disikat Goffin & Cedera, Nadal Mundur

Petenis nomor satu dunia Rafael Nadal terpaksa menarik diri dari turnamen puncak ATP World Tour Finals akibat cedera setelah dipaksa bermain sengit oleh David Goffin.
M. Syahran W. Lubis | 14 November 2017 11:38 WIB
David Goffin setelah mengalahkan petenis nomor satu dunia Rafael Nadal. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Petenis nomor satu dunia Rafael Nadal terpaksa menarik diri dari turnamen puncak ATP World Tour Finals akibat cedera setelah dipaksa bermain sengit oleh David Goffin.

Goffin, petenis Belgia yang masuk ke turnamen puncak ini hanya karena nasib baik peringkat kedelapan dunia Stanislas Wawrinka cedera, benar-benar menyajikan permainan keras bagi Nadal.

Unggulan kedelapan itu, peringkat sembilan dunia, menghentak dengan hebat ketika menaklukkan Nadal, unggulan pertama dari Spanyol dengan angka 7-6(5) pada set pertama.

Namun, mental Nadal terbukti mampu memberikan balasan setimpal pada set kedua juga melalui kemenangan ‘seujung kuku’ dengan angka 7-6(5), sehingga laga diteruskan ke set ketiga.

Pada set ketiga, di tengah cedera yang mulai menghampiri, akhirnya Nadal menyerah 6-4 dari Goffin dalam pertandingan yang berlangsung di O2 Arena London, Inggris, pada Selasa pagi WIB (14/11/2017).

Ternyata, masalah yang dialami Nadal bukan sebatas pertandingan tersebut, namun kemudian secara mengejutkan harus memilih menarik diri dari turnamen yang dilaksanakan dengan sistem round robin ini.

“Saya tak siap main. Saya berjuang keras [melawan cedera] karena ini pertandingan terakhir musim ini,” kata Nadal, yang 2 pekan lalu juga harus terhenti di tengah turnamen Paris Masters akibat cedera serupa.

Pertandingan Nadal versus Goffin ini merupakan bagian dari laga Grup Pete Sampras. Sebelumnya di grup yang sama, Grigor Dimitrov (Bulgaria) menaklukkan Dominic Thiem (Austria) 6-3 5-7 7-5.

ATP World Tour Finals 2017 melibatkan delapan petenis dengan prestasi teratas sepanjang tahun ini. Mereka berkompetisi dengan sistem round robin dan dibagi menjadi dua grup.

Selain keempat petenis di atas yang masuk Grup Pete Sampras, empat lainnya masuk Grup Boris Becker yakni Roger Federer (Swiss), Alexander Zverev (Jerman), Jack Sock (AS), dan Marin Cilic (Kroasia).

Sumber : Reuters

Tag : tenis
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top