BENDERA INDONESIA TERBALIK: Mengapa Malaysia Hanya Salah Saat Pasang Merah Putih?

Insiden pemasangan gambar bendera Merah Putih yang terbalik pada buku panduan Sea Games telah ditanggapi pihak Malaysia dengan segera meminta maaf.
Saeno | 20 Agustus 2017 08:51 WIB
Buku panduan Sea Games 2017 dengan potret bendera Indonesia terbalik. - Antara/edit Sae

Bisnis.com, JAKARTA - Insiden pemasangan gambar bendera Merah Putih yang terbalik pada buku panduan Sea Games telah ditanggapi pihak Malaysia dengan segera meminta maaf.

Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin berencana menemui Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pada Minggu (20/8) untuk meminta maaf secara langsung

"Kami ingin memohon maaf kepada rakyat Indonesia di atas kesilapan yang tidak disengajakan dalam mencetak bendera Indonesia dalam buku cenderamata tersebut," demikian keterangan tertulis Sekretariat Panitia Penyelenggara SEA Games (MASOC) 2017 yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu malam.

Khairy Jamaluddin yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Penyelenggara SEA Games 2017 dalam akun twitter resminya langsung membalas cuitan akun Menpora Imam Nahrawi yang memprotes pencetakan bendera Indonesia dalam buku panduan pesta multi-cabang olahraga Asean itu.

Tak hanya itu, pihak penyelenggara juga menyampaikan permohonan maaf secara tertulis dalam dua bahasa. Satu pernyataan dibuta dalam bahsa Inggrisberikut:

Versi lain dibuat dalam versi bahasa Melayu seperti tertera di bawah ini:

"Kesilapan ini adalah amat dikesali dan kami percaya hubungan erat di antara dua negara ini lebih diperkukuhkan di bawah semangat Sukan SEA," demikian keterangan tertulis MASOC.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, ketika mengikuti upacara pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, menilai pencetakan bendera Indonesia yang terbalik dalam buku panduan pesta multi-cabang olahraga ASEAN ke-29 itu sebagai tindakan yang teledor dan ceroboh.

"Saya kira hal ini yang mencerai kemegahan pembukaan SEA Games 2017 yang disaksikan jutaan orang," ujar Menpora Imam Nahrawi.

Kementerian Pemuda dan Olahraga akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan serta Kementerian Hukum dan HAM terkait insiden pencetakan bendera Indonesia yang terbalik itu.

Satu hal yang menjadi perhatian, mengapa hanya foto bendera Indonesia yang dipasang terbalik, sedangkan foto negara lain yang pernah menjadi penyelenggara Sea Games dipasang dengan benar.

Bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini sebenarnya untuk menandakan negara mana yang sudah menjadi tuan rumah Sea Games. Di bawah bendera tersebut terpampang tahun tuan rumah yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011.

Kesalahan posisi bendera ini ternyata hanya terjadi pada bendera Indonesia saja. Untuk 10 negara lainnya tercetak dengan benar meski terdiri dari banyak warna, tidak seperti Indonesia yang hanya warna merah dan putih.

Sumber : Antara

Tag : merah putih, Sea Games 2017
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top