Hasil Semifinal Piala Sudirman 2017: Korsel Bertemu China di Final

Hasil Semifinal Piala Sudirman 2017: Korsel Bertemu China di Final
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 27 Mei 2017  |  21:45 WIB
Hasil Semifinal Piala Sudirman 2017: Korsel Bertemu China di Final
Sung Ji Hyun - Championships

Bisnis.com, JAKARTA - Korea Selatan meraih final turnamen bulu tangkis Piala Sudirman yang ke-8 setelah pada edisi 2017 berhasil menumbangkan Thailand dalam partai semifinal.

Dalam pertandingan semifinal yang dilangsungkan di Carrara Sport and Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Sabtu, Korea Selatan memastikan langkahnya ke laga pamungkas setelah menumbangkan Thailand 3-1.

Pihak Korea Selatan dibuat kaget dengan kekalahan perwakilannya di partai pertama, pasangan ganda campuran Choi Solgyu/Chae Yoo Jung atas duet Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai 16-21, 12-21.

Harapan Negeri Ginseng kembali bangkit setelah di partai kedua, tunggal putra Son Wan Ho mampu menumbangkan Suppanyu Avihingsanon dengan pertarungan ketat 18-21, 21-10, 21-17 yang membuat skor 1-1.

Harapan tersebut semakin membesar dengan kemenangan di partai ketiga antara ganda putra Choi Solgyu/Seo Seung Jae atas Bodin Isara /Dechapol Puavaranukroh 21-13, 21-16 dan membuat skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Korea Selatan.

Di partai keempat yang menentukan, tunggal putri Korea nomor empat dunia Sung Ji Hyun bertemu dengan tunggal putri terbaik Thailand Ratchanok Intanon.

Sung berhasil menundukan Intanon dalam pertarungan berdurasi 46 menit dengan skor 21-13, 21-17 yang akhirnya Korea Selatan berhasil memastikan kemenangan dengan skor 3-1.

Intanon yang ditemui selepas pertandingan mengatakan kekalahan dirinya karena tidak dalam kondisi terbaik, pasalnya dia merasa terlalu khawatir akibat tekanan untuk mendapatkan poin agar memperpanjang asa Thailand.

"Sebenarnya di akhir game kedua saya mulai bisa menguasai pertandingan. tapi itu sudah terlambat,

jadi ini bukan karena masalah pergelangan kaki di awal tahun lalu, saya hanya terlalu tertekan. Dan terlalu khawatir, jadi pergerakan saya agak terlambat

. Kendati demikian saya sangat bangga dengan tim saya, kami bisa bekerja sama dengan baik bahkan bisa sampai ke semifinal dan saya senang dengan hasil tim kami," kata Intanon.

Sementara, pelatih kepala Korea Selatan, Kang Kyung Jin mengatakan senang dengan hasil ini karena perjuangan mereka tidak sia-sia untuk berusaha semaksimal mungkin dalam pertandingan ini.

"Di atas kertas peluang kami imbang 50:50, kami hanya berusaha sebaik mungkin untuk memenangkan pertandingan dengan bermodal memanfaatkan persiapan dan analisis kami, beruntung perjuangan ini tidak sia-sia," kata Kang.

Sementara itu, Sung Ji Hyun yang ditemui di lokasi yang sama, mengatakan dirinya membangun kepercayaan diri kembali setelah dikalahkan Tai Tzu Ying di fase grup dan perempat final.

"Saya ingin menang, saya hanya berusaha sekuat tenaga untuk bermain baik dan hari ini saya ingin membuktikan kemampuan saya. Terkait dengan Tai, jika saya ketemu lagi saya akan berusaha untuk memenangkan pertandingan," ujarnya.

Ini merupakan partai final ke delapan bagi Korea Selatan setelah Negeri Ginseng melaju ke final pada 1989, 1991, 1993, 1997, 2003, 2009 dan 2013. Di antara tahun-tahun tersebut Korea Selatan menjadi juara Piala Sudirman sebanyak tiga kali.

Hasil China Vs Jepang:

China akhirnya lolos ke final guna berjumpa Korea Selatan setelah dipaksa bermain ketat oleh Jepang di babak semifinal dengan skor akhir 3-2 untuk kemenangan Negeri Tirai Bambu tersebut.

Jepang meraih poin pertama lewat partai ganda campuran Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang mengalahkan pasangan nomor satu dunia, Zheng Siwei/Chen Qingchen lewat rubber game selama 65 menit, 21-12, 14-21, dan 21-19.

China berhasil menyamakan kedudukan 1-1 lewat sektor tungga putra. Lin Dan menang dua game 21-19, 21-16 dari Kenta Nishimoto.

China bahkan berbalik unggul 2-1 setelah ganda putra Li Junhui/Liu Yuchen menundukkan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. Meski menang, Li/Liu bermain ketat dengan 23-21 dan 21-16 dalam waktu 47 menit.

Akane Yamaguchi membuat nafas Jepang sedikit panjang usai mengalahkan Sun Yu dengan skor 21-17 dan 21-15.

Ganda putri Chen Qingchen/Jia Yifan menyelamatkan China usai menundukkan Misaki Matsumoto/Ayaka Takahashi lewat pertarungan straiht set 21-12 dan 21-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bulutangkis

Editor : Andhika Anggoro Wening
Top