Hasil Piala Sudirman 2017: Praveen/Debby Menang, Indonesia Vs Denmark 1-0

Hasil Piala Sudirman 2017: Praveen/Debby Menang, Indonesia Vs Denmark 1-0
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 24 Mei 2017  |  16:00 WIB
Hasil Piala Sudirman 2017: Praveen/Debby Menang, Indonesia Vs Denmark 1-0
Praveen Jordan dan Debby Susanto - Badminton Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia untuk sementara unggul 1-0 atas Denmark di pertandingan kedua Piala Sudirman 2017 yang dilaksanakan di Gold Coast 2017, Rabu (25/5/2017).

Praveen Jordan/Debby Susanto memastikan Indonesia meraih poin pertama setelah berhasil menekuk Joachim Fischer/Christinna Pedersen dengan skor 21-12 dan 21-13 dalam tempo 39 menit.

Dalam siaran langsung Kompas TV, Praveen/Debby memainkan taktik yang brilian di set pertama dan kedua.

Praveen/Debby sejak awal pertandingan terus memimpin dari awal set. Selepas interval, Praveen/Debby langsung tancap gas dengan smes keras, adu net dan sergapan-sergapan yang laksanakan Praveen/Debby dan menutup set pertama dengan 21-12.

Memasuki set kedua, ganda Denmark belum berhasil keluar dari tekanan. Sempat menyamakan kedudukan 7-7, Joachim/Christinna kembali ditinggal Praveen/Debby 11-7.

Selepas interval, Praveen/Debby yang sudah nyaman bermain menutup set ketiga dengan 21-13. Kemenangan ini membuat Indonesia sementara unggul 1-0 atas Denmark.

Saat berita ini diturunkan, Anthony Sinisuka Ginting tengah bermain melawan Viktor Axelsen.

Selepas partai tunggal putra akan ada pertandingan ganda putra Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon yang turun di partai ketiga akan menghadapi Mathias Boe/Carsten Mogensen. Dalam pertemuan terakhir di Singapura Terbuka 2017, Kevin/Marcus dikalahkan Boe/Mogensen dengan skor 11-21 21-11 21-14 dalam tempo 54 menit.

Fitriani yang kembali diturunkan akan menjajal kemampuan tunggal putri Denmark, Mia Blichfeldt. Jika menilik rangking BWF, Fitriani yang saat berada di posisi 23 dunia harusnya berada di atas kertas bisa memenangi pertandingan karena Blichfeldt ada di rangking 45 dunia.

Partai terakhir akan  memainkan nomor ganda putri. Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang kemarin tidak main saat lawan India akan menantang Kamilla Ryter Juhl/Christinna Pedersen.

Susunan pemain Indonesia Vs Denmark di Sudirman Cup 2017:

Jadwal Siaran Langsung Piala Sudirman 2017 Kompas TV, Indonesia Vs Denmark

Indonesia secara mengejutkan ditundukkan India secara telak dengan skor 1-4 di pertandingan pertama grup 1 D  yang dilaksanakan di Carrara Indoor Sports Stadium di komplek Gold Coast Sport and Leisure, Selasa (23/5/2017).

Dalam pertandingan terakhir yang sudah tidak menentukan lagi, ganda putri Indonesia Della Destiara Harris/Rosyita Eka Harris ditundukkan Reddy N. Sikki/Ashwinni Ponnapa dengan dua set langsung.

Kekalahan ini membuat skor Indonesia vs India di Sudirman Cup 2017 menjadi 1-4.

Kemenangan India sendiri ditentukan lewat nomor tunggal putri Pusarla V. Sindhu yang menaklukkan single Indonesia, Fitriani dengan skor 21-8 dan 21-19.

Hasil yang dibuat Sindhu membuat skor Indonesia Vs India di Sudirman Cup 2017 menjadi 3-1.

Partai terakhir mempertemukan ganda putri, Della Destiara Harris/Rosyita Eka Harris vs Reddy N. Sikki/Ashwinni Ponnapa.

Indonesia sempat menipiskan keadaan 1-2 dari India setelah pasangan Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon mengalahkan ganda Chirag Shetty/Satwiksairaj Rankireddy dalam pertandingan Piala Sudirman 2017 di Gold Coast, Selasa (23/5/2017).

Kevin/Marcus yang merupakan pasangan nomor satu dunia tidak mengalami kesulitan berarti saat mengkandaskan perlawanan Chirag/Satwiksairaj 21-9 dan 21-17.

Dalam pertandingan yang disiarkan langsung Kompas TV, Kevin/Marcus tidak memberi ampun Chirag/Satwiksairaj dengan smes keras dan serobotan di depan net.

Di set kedua, juara All England 2017 itu sedikit mengendurkan serangan. Chirag/Satwiksairaj bahkan sempat menyamakan kedudukan 15-15, namun setelah poin tersebut Kevin/Marcus langsung tancap gas dan menutup set kedua dengan 21-17.

India sempat memimpin 2-0 setelah Jonatan Christie yang menjadi tunggal putra andalan Indonesia harus mengakui ketangguhan pemain India, Srikanth Kidambi dengan dua set langsun 15-21 dan 16-21.

Srikanth menutup set pertama dengan permainan apik 21-15.

Masuk di set kedua, Jonatan sempat mendapat momentum. Sempat ketinggalan tujuh poin, Jojo--panggilan akrab Jonatan-- sempat menyamakan kedudukan hingga 15-15, namun entah apa yang terjadi poin tunggal putra terbaik Indonesia itu terhenti.

Srikanth mengakhiri set ini setelah dengan cerdik mengembalikan smes yang tidak mampu dijangkau Jojo.

India di pertandingan ini sudah memimpin sejak awal lewat ganda campuran. Tontowi Ahmad/Gloria Emanuelle yang diharapkan menyumbang poin belum berhasil mengalahkan pasangan dari India, Satwiksairaj Rankireddy/Ashwinni Ponnapa dalam partai pertama Piala Sudirman 2017 yang dilaksanakan di Goald Coast, Selasa (23/5/2017).

Tontowi/Gloria sebenarnya punya peluang untuk merebut set pertama karena sudah unggul 20-17, namun beberapa kesalahan yang dilakukan Gloria dan Tontowi membuat Satwiksairaj/Ponnapa bisa menyusul dan mengakhiri set pertama dengan 22-20.

Tidak ingin mengulangi kesalahan di game pertama, Tontowi/Gloria mulai bermain sabar dan terus menyerang. Gloria yang berada di depan net juga sudah mulai berani melakukan serobotan dan beradu netting.

Taktik ini kemudian berhasil dan membuat perolehan poin dari Tontowi dan Gloria melaju. Set kedua ditutup dengan 21-17 untuk kemenangan Tontowi/Gloria.

Jalannya set ketiga menjadi menegangkan buat kubu Indonesia. Pasangan India rupanya mulai mengubah pola bermain dan lebih agresif. Strategi ini berhasil, bahkan Satwiksairaj/Ponnapa memimpin jauh hingga selisih 12-5.

Tidak ingin menyerah begitu saja, Tontowi/Gloria sempat menyusul hingga kedudukan 19-20. Namun apa mau dikata, bola penempatan Satwiksairaj di tengah lapangan tidak bisa dikembalikan Tontowi maupun Gloria yang menyebabkan Indonesia tertinggal 0-1 dari India.

Berikut susunan Tim Piala Sudirman 2017 Indonesia:

Manajer Tim: Susy Susanti

Putra:

1. Jonatan Christie

2. Anthony Sinisuka Ginting

3. Kevin Sanjaya Sukamuljo

4. Marcus Fernaldi Gideon

5. Ricky Karanda Suwardi

6. Angga Pratama

7. Mohammad Ahsan

8. Rian Agung Saputro

9. Tontowi Ahmad

10. Praveen Jordan

Putri:

1. Fitriani

2. Dinar Dyah Ayustine

3. Gregoria Mariska Tunjung

4. Greysia Polii

5. Della Destiara Haris

6. Rosyita Eka Putri Sari

7. Anggia Shitta Awanda

8. Apriani Rahayu

9. Debby Susanto

10. Gloria Emanuelle Widjaja

Pelatih Teknik

1. Hendry Saputra

2. Minarti Timur

3. Herry Iman Pierngadi

4. Eng Hian

5. Richard Mainaky

Pelatih Fisik

1. Felix Ary Bayu Marta

2. Ary Subarkah

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bulutangkis

Editor : Andhika Anggoro Wening
Top