Begini Peringkat Mutakhir Pemain Bulu Tangkis RI di Tingkat Dunia

Indonesia menyumbangkan 10% pemain bulu tangkis terbaik dunia hingga pekan ke tiga Januari 2017. n
Anggara Pernando | 21 Januari 2017 21:12 WIB
Pebulu tangkis Tontowi Ahmad (kiri) dan Liliyana Natsir menggigit medali emas yang didapat usai mengalahkan pasangan Malaysia Peng Soon Chan dan Liu Ying Goh dua set langsung dalam partai final ganda campuran bulu tangkis Olimpiade Rio 2016 di RIo de Janeiro, Brazil, Rabu (17/8). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia menyumbangkan 10% pemain bulu tangkis terbaik dunia hingga pekan ke tiga Januari 2017.

Berdasarkan ranking Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF) per 19 Januari 2017 yang dikutip Sabtu, (21/1/2017) dari 10 pemain terbaik dunia yang berasal dari lima kategori.

Indonesia menyumbangkan pemain elit untuk kategori ganda putra, ganda putri serta ganda campuran. Sementara itu, untuk kategori tunggal putra maupun tunggal putri, Indonesia tidak memiliki pemain elit di 10 besar.

Adapun pemain elit Indonesia itu meliputi  Ganda Putra Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo di peringkat dua dunia serta Angga Pratama dan Ricky Karanda Suwardi di posisi ke tujuh dunia. Dari ganda putri, Indonesia memiliki Nitya Krishinda Maheswari dan Greysia Polii di peringkat lima dunia.

Ganda campuran Indonesia menguasai dua peringkat yakni Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di peringkat tiga dunia serta Praveen Jordan dan Debby Susanto di peringkat lima dunia. Ranking ini tidak banyak berubah dibandingkan dengan pengumuman ranking pemain dunia bulu tangkis dunia pada akhir 2016.

Susy Susanti Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI) mengatakan pengurus baru 2016-2020 telah menetapkan tiga target utama di 2017.

Kejuaran ini meliputi All England 7-12 Maret 2017. Piala Sudirman pada Mei mendatang Serta k BWF World Championships 2017 yang tahun ini akan digelar di Glasgow, Skotlandia, pada 21-27 Agustus 2017.

“Saat ini kami sudah mempersiapkan atlet, terutama untuk kejuaraan All England yang paling dekat. Harapannya kita bisa kembali berjaya seperti dulu,” ujar Susy.

Tag : indonesia, bulu tangkis
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Top