GP F1 Malaysia: Mesin Hamilton Meledak, Ricciardo Kuasai Sepang

Daniel Ricciardo meraih kemenangan perdana musim ini pada Grand Prix Formula 1 Malaysia yang berlangsung dramatis.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Oktober 2016  |  23:46 WIB
GP F1 Malaysia: Mesin Hamilton Meledak, Ricciardo Kuasai Sepang
Daniel Ricciardo juara F1 GP Malaysia di Sepang - Reuters/Edgar Su

Bisnis.com, JAKARTA - Daniel Ricciardo meraih kemenangan perdana musim ini pada Grand Prix Formula 1 Malaysia yang berlangsung dramatis pada Minggu (2/10/2016) setelah pebalap Australia itu meraih kemenangan ketika Lewis Hamilton gagal meneruskan balapan karena mesin mobilnya meledak.

Ricciardo dibayang-bayangi oleh rekan setimnya di Red Bull Max Verstappen saat melewati garis finis, hasil yang memberikan mantan tim juara itu finis di posisi satu-dua untuk pertama kalinya sejak Grand Prix Brasil di akhir musim 2013 ketika tim itu masih berjaya.

Nico Rosberg finis di posisi ketiga untuk Mercedes, berjuang untuk bangkit dari posisi ke-21 setelah sempat dibuat terpelintir oleh Sebastian Vettel pada awal balapan, dan juga mendapat penalti sepuluh detik karena menyebabkan tubrukan dengan Kimi Raikkonen yang mengendarai mobil Ferrari lainnya.

Hasil ini mencegah Mercedes memastikan raihan gelar konstruktor untuk ketiga kalinya secara beruntun pada balapan di kandang sendiri untuk sponsor gelar Petronas, namun membuat Rosberg dapat memperpanjang keunggulannya di klasemen atas rekan setimnya Hamilton menjadi 23 angka dengan lima balapan tersisa.

Pebalap Britania itu sedang berada di jalur yang nyaman untuk mencetak kemenangan ke-50 sepanjang karirnya, ketika mesin mobilnya meledak dan mengeluarkan api, dengan sisa 16 putaran dari total 56 putaran balapan yang masih harus diselesaikan.

"Saya hanya tidak dapat percaya bahwa di sini ada delapan mobil Mercedes dan hanya mesin saya yang mendapat masalah ini sepanjang tahun ini," kata pebalap 31 tahun yang merupakan tiga kali juara dunia itu, yang juga mengalami serangkaian masalah daya tahan pada awal musim ini, kepada para pewarta.

"Sesuatu terasa berjalan tidak cukup baik di sini, namun tidak ada yang dapat saya lakukan tentang hal ini." "Pada lima balapan berikutnya, saya tahu bahwa saya dan para mekanik saya memiliki masalah ini namun siapa tahu bagaimana mesin-mesin berikutnya tidak akan memberikan masalah yang sama," tambah pebalap Britania ini.

Perayaan bergaya shoey Ricciardo, yang gagal merebut kemenangan dari rival Mercedesnya di Grand Prix Monaco pada Mei karena kecerobohan di pitstop, sangat gembira untuk menerima nasib baiknya di Malaysia.

"Hal itu berlangsung dengan cara lain di Monaco, maka saya akan mengambilnya pada hari ini," kata Ricciardo setelah menandai kemenangan keempat sepanjang karirnya dengan minum sampanye dari sepatunya, perayaan bergaya shoey.

"Tidak ada perasaan buruk terhadap Lewis, namun saya tentu saja akan meraih kemenangan," tambah pria Australia itu, yang terakhir kali mencatatkan kemenangan di Grand Prix Belgia 2014 dan telah empat kali naik podium dari lima balapan terakhir.

Tidak ada bukti bahwa nasib buruk akan menimpa Hamilton di awal balapan, ketika pebalap Britania ini menjauh dari posisi terdepan, menjaga keunggulan atas rekan setimnya dan melalui tikungan pertama.

Di belakang dia, terdapat pertarungan ketat antara Verstappen dan Vettel namun pebalap Ferrari itu mengenai bagian belakang mobi Rosberg yang mendorong sang pemuncak klasemen sehingga terpelintir.

Dampak dari tubrukan itu merusak suspensi Vettel, membuatnya mengakhiri balapan, dan memicu keluarnya safety car virtual.

Dari titik itu balapan berlangsung dengan adu strategi di mana Verstappen awalnya berjudi dengan strategi dua kali masuk pitstop sebagaimana Hamilton, dan Ricciardo memilih untuk menyisakan satu kali pergantian ban.

Pasangan Red Bull itu terlibat perseteruan pada paruh kedua Grand Prix, bertarung ketat sebelum Ricciardo mendapat keuntungan, sampai keduanya masuk pit untuk terakhir kalinya setelah Hamilton tidak dapat meneruskan balapan.

Raikkonen finis di peringkat keempat untuk Ferrari setelah bertarung dengan Rosberg untuk spot podium terakhir, pebalap Finlandia itu tidak dapat mengambil keuntungan dari penalti yang diberikan kepada rivalnya setelah pebalap Jerman itu menempelnya saat sedang menyalip.

Berikut hasil GP Formula 1 Malaysia di Sepang:

1. Daniel Ricciardo (Australia) Red Bull - TAG Heuer 1:37:12,776

2. Max Verstappen (Belanda) Red Bull - TAG Heuer +00:02,443

3. Nico Rosberg (Jerman) Mercedes 00:25,516

4. Kimi Raikkonen (Finlandia) Ferrari 00:28,785

5. Valtteri Bottas (Finlandia) Williams-Mercedes 01:01,582

6. Sergio Perez (Meksiko) Force India - Mercedes 01:03,794

7. Fernando Alonso (Spanoly) McLaren 01:05,205

8. Nico Huelkenberg (Jerman) Force India - Mercedes 01:14,062

9. Jenson Button (Britania) McLaren 01:21,816

10. Jolyon Palmer (Britania) Renault 01:35,466

11. Carlos Sainz Jr (Spanyol) Toro Rosso - Ferrari 01:38,878

12. Marcus Ericsson (Swedia) Sauber - Ferrari 1 lap

13. Felipe Massa (Brazil) Williams-Mercedes 1 lap

14. Daniil Kvyat (Rusia) Toro Rosso - Ferrari 1 lap

15. Pascal Wehrlein (Jerman) Manor - Mercedes 1 lap

16. Esteban Ocon (Prancis) Manor - Mercedes 1 lap r. Felipe Nasr (Brazil) Sauber - Ferrari 10 laps r. Lewis Hamilton (Britania) Mercedes 16 laps r. Esteban Gutierrez (Meksiko) Haas - Ferrari 17 laps r. Kevin Magnussen (Denmark) Renault 39 laps r. Romain Grosjean (Prancis) Haas - Ferrari 49 laps r. Sebastian Vettel (Jerman) Ferrari 56 laps

Putaran tercepat: Nico Rosberg, 1:36,424, putaran 44.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
f1

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top