Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA AFF 2014: Bernd Stange, The Lions Di Grup Berat

Pada Piala AFF 2014, SIngapura akan ditangani pelatih baru Bernd Stange. Dalam lima piala terdahulu, the Lions diarsiteki oleh pelatih Radojko Raddy Avramovic.
Pelatih tim nasional Singapura Bernd Stange./affsuzukicup.com
Pelatih tim nasional Singapura Bernd Stange./affsuzukicup.com

Bisnis.com, JAKARTA -Pada Piala AFF 2014, SIngapura akan ditangani pelatih baru Bernd Stange. Dalam lima piala terdahulu, the Lions diarsiteki oleh pelatih Radojko Raddy Avramovic.

Sejak mengangkat tropi juara AFF Suzuki Cup di Bangkok 2 tahun lalu, tim nasional Singapura  melalui masa transisi di bawah pelatih berpengalaman berkebangsaan Jerman, yang tidak hanya membawa pemain baru, juga filosofi pelatihan dan gaya bermain yang berbeda dengan gaya saat Singapura sukses pada turnamen AFF 2004, 2007 dan 2012. 


Meskipun hasil mereka di pertandingan persahabatan terbaru tidak terlalu baik, Stange 66, cukup puas dengan kemajuan timnya sejauh ini dan berharap mereka bisa mempertahankan gelar juara, seperti yang dijelaskan pada wawancara khusus bersama affsuzukicup.com.

Anda telah melatih Singapura sejak Mei 2013, bagaimana pendapat Anda tentang kemajuan tim nasional dalam satu setengah tahun belakang? 

Saya sangat puas dengan cara pemain beradaptasi pada filosopi dan gaya bermain saya, yang mana berdasarkan penguasaan bola dan kecepatan passing. Tapi itu akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi, karena mereka telah menggunakan cara bermain yang berbeda dalam waktu yang lama, tapi saya melihat mereka lebih banyak menggunakan itu sekarang, dan tipe permainan sepakbola yang lebih menyenangkan. 

Pemain memulainya dengan sikap yang baik, jadi saya tidak mempunyai keluhan untuk itu. Kami juga membawa banyak pemain baru dan pemain muda satu setengah tahun ini, mereka sangat berambisi untuk membuktikan permainan mereka. Adapun pemain yang lebih berpengalaman mau memberikan pengarahan. Ini skuad seimbang yang cukup baik yang saya punya, dan saya senang dengan mereka. 

Anda telah memperkenalkan sistem permainan baru ketika Anda bergabung, apakah menurut anda pemain senior seperti Shahril Ishak, Baihakki Khaizan dan Khairul Amri bisa beradaptasi baik dengan perubahan ini?
 
Shahril, Baihakki, dan Amri mereka semua pemimpin dalam tim. Mereka memiliki banyak pengalaman pada tingkat Internasional, dan memimpin tim dengan memberikan contoh. Mereka telah beradaptasi dengan baik pada sistem yang sudah saya terapkan, dan saya sangat bangga mereka melakukannya dengan sangat baik karena beberapa tim membutuhkan pengalaman bermain untuk memandu pemain muda lainnya. 

Mereka telah beradaptasi, dan mereka sudah menunjukkan kepada pemain muda hal-hal yang harus mereka selesaikan. Saya sangat senang memiliki mereka di tim saya. 

Apakah Anda sudah menetapkan nama-nama untuk skuad AFF Suzuki Cup dan starting XI? 

Saya selalu mengatakan  pintu akan selalu terbuka untuk seluruh pemain, dan kesempatan itu masih sangat besar. Jika mereka bermain baik, saya pastinya akan mempertimbangkan mereka. Salah satu contohnya adalah Ismadi Mukhtar, dia menerima panggilan pertamanya dan penampilan perdana Internasionalnya ketika dia berusia 31 tahun karena saya terkesan ketika melihat dia bermain. Tidak ada sesuatu yang sudah pasti di tim atau skuad saya, karna semua pemain harus berjuang untuk mendapatkan tempat mereka. 

Pemain penting yang di tim kami adalah pemain-pemain yang berpengalaman, mereka akan menjadi contoh bagi pemain-pemain muda, dan mereka juga akan membagi pengalaman bermain mereka di Suzuki Cup sebelumnya. Bagaimanapun, saya menganggap semua pemain penting, setiap pemain akan bertanggung jawab pada posisinya dan berusaha 100%. 

Bagaimana pendapat anda tentang tim lain (Thailand, Myanmar, dan Malaysia di grup ini? 

Kami berada di grup yang sangat berat. Kami mempunyai catatan 4 kali menjadi juara di Suzuki Cup, tapi Thailand memiliki penampilan baik yang konsisten di turnamen ini dengan 3 kali juara dan kita semua tahu seberapa bagusnya pemain mereka. 

Malaysia juga sangat kuat, dan saya cukup tahu tentang sejarah persaingan yang tentunya akan menambah sengit pertandingan. Myanmar sudah membuktikan kekuatan mereka dengan lolos pada babak kualifikasi, dan mereka juga beruntung dilatih oleh pelatih yang mengetahui baik tentang kompetisi mereka. Secara keseluruhan ini adalah grup yang berat, dan kami akan memberikan penampilan terbaik di seluruh pertandingan jika ingin lolos ke babak selanjutnya. 

Apakah target tim anda pada Suzuki Cup kali ini?

Selalu menjadi hal yang sulit untuk mempertahankan sebuah gelar, dan tugas kami akan menjadi lebih sulit karena kami berada grup yang berat. Tapi bagaimanapun, saya harap para suporter kami dapat memberikan dukungan penuh pada tim di semua laga. Dukungan mereka sangat penting sekali bagi kesuksesan kami di lapangan, dan saya yakin pemain kami juga akan memberikan yang terbaik untuk pendukungnya dan untuk negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : affsuzukicup.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper