Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Liga Champions: Bayern Munich Makin Kaya, Valuasi Dortmund Melonjak

BISNIS.COM, JAKARTA - Setelah menjuarai Liga Champions 2012-2013, sang pemenang Bayern Munich, membawa pulang lebih dari 40 juta poundsterling atau lebih dari Rp600 miliar sebagai imbalan atas rangkaian pertandingan yang dilalui selama musim kompetisi
News Editor
News Editor - Bisnis.com 26 Mei 2013  |  09:34 WIB
Hasil Liga Champions: Bayern Munich Makin Kaya, Valuasi Dortmund Melonjak
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA - Setelah menjuarai Liga Champions 2012-2013, sang pemenang Bayern Munich, membawa pulang lebih dari 40 juta poundsterling atau lebih dari Rp600 miliar sebagai imbalan atas rangkaian pertandingan yang dilalui selama musim kompetisi Championship.

Sedangkan tim runner up Borrussia Dortmund mendulang keuntungan dari kenaikan harga saham yang melonjak menjadi 3,44 euro per lembar saham sejak masuk final kompetisi antar klub para pemenang di Liga Eropa itu.

Memang Dortmund kalah dari Bayern Munich 2-1 pada babak final Liga Champions 2012-2013. Namun, Borrussia Dortmund bermain gemilang, dan tak mampu menyamakan kedudukan karena kemasukan gol pada menit akhir menjelang pertandingan berakhir.

Tim yang diasuh pelatih muda Jurgen Klopp itu diperkirakan akan semakin matang dalam musim depan. Dortmund yang diposisikan sebagai underdog dan tampil ngotot, justru dianggap sebagai pemenang setidaknya dari harga saham yang terus melejit.

Sejak memenangi babak semifinal, saham Dortmund naik menjadi 3,44 Euro pekan lalu atau naik 15%. Padahal, sebelum menghadapi Real Madrid di semifinal pada 24 Apri, saham Dortmund anjlok hampir 7%.

Kemenangan dan permainan yang spektakuler di babak final juga diyakini akan mendongkrak nilai para pemain Dortmund, yang diperkirakan akan mencapai  255 juta Euro atau naik 40 juta Euro dari permulaan musim Liga.

Lantas berapa uang yang dikantungi kedua tim? Anda bisa hitung sendiri. Berdasarkan situs  nairaland.com, setiap tim yang berlaga di Liga Champions akan menerima pembayaran 3,37 juta poundsterling atas partisipasi di babak 32 besar.

Selain itu, setiap pertandingan yang dimainkan dalam tahapan Grup tersebut akan menerima 475.000 poundsterling dan bonus tambahan sebesar 690.000 untuk setiap kemenangan dan 345.000 jika bermain seri.

Tim yang masuk babak 16 besar akan mendapatkan tambahan 2,6 juta poundsterling, ditambah 2,85 juta poundsterling apabila melaju lagi ke babak perempat final. Di semifinal, tim yang bertanding akan memperoleh lagi 3,6 juta pounds.

Pemenang Liga Champions dalam babak final akan memperoleh tambahan lagi senilai 7,8 juta poundsterling sedangkan tim juara kedua akan membawa pulang tambahan 4,48 juta pounds.

Lebih dari itu, setiap tim akan mendapatkan bagian dari pendapatan TV pool berdasarkan nilai kontrak di masing-asing negara saat mengakhiri liga domestik.

Sekadar contoh, pada musim Liga tahun sebelumnya, Chelsea memperoleh pendapatan dari TV pool senilai 23 juta poundsterling. Sedangkan Manchester United mengantungi total pendapatan 46 juta poundsterling hanya dengan memasuki babak final.

Maka, dengan formula itu, bisa dihitung berapa besar pendapatan Bayern Munich dan Dortmund sebagai jawara dan runner up Liga Champions tahun ini. (Foto: Uefa.com)

 

 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

liga champions bayern munich dortmund munich borrussia dortmund
Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top