Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bayern Munich Kantungi lebih 40 Juta Poundsterling, Saham Dortmund Melejit

BISNIS.COM, JAKARTA - Bayern Munich, sang juara Liga Champions 2012-2013, diperkirakan akan mengantungi lebih dari 40 juta poundsterling atau lebih dari Rp600 miliar atas kemenangannya serta rangkaian pertandingan yang dilalui jawara Liga Eropa itu selama

BISNIS.COM, JAKARTA - Bayern Munich, sang juara Liga Champions 2012-2013, diperkirakan akan mengantungi lebih dari 40 juta poundsterling atau lebih dari Rp600 miliar atas kemenangannya serta rangkaian pertandingan yang dilalui jawara Liga Eropa itu selama musim kompetisi Championship.

Menurut laman  nairaland.com, setiap tim yang berlaga di Liga Champions babak 32 besar (fase Grup) akan menerima pembayaran 3,37 juta poundsterling atas partisipasi di Liga Champions.

Selain itu, mereka menerima 475.000 poundsterling atas setiap pertandingan yang dimainkan dalam tahapan Grup. Sedangkan bonus performan akan dibayarkan sebesar 690.000 untuk setiap kemenangan dan 345.000 jika bermain seri.

Setiap tim yang mencapai sedikitnya babak 16 besar akan mendapatkan tambahan 2,6 juta poundsterling. Jika melaju lagi ke babak perempat final akan menerima 2,85 juta poundsterling dan empat tim semifinalis akan menerima 3,6 juta pounds.

Pemenang Liga Champions dalam babak final akan memperoleh tambahan lagi senilai 7,8 juta poundsterling sedangkan tim juara kedua akan membawa pulang tambahan 4,48 juta pounds.

Lebih dari itu, setiap tim akan mendapatkan bagian dari pendapatan TV pool berdasarkan nilai kontrak di masing-asing negara saat mengakhiri liga domestik.

Sekadar contoh, pada musim Liga tahun sebelumnya, Chelsea memperoleh pendapatan dari TV pool senilai 23 juta poundsterling. Sedangkan Manchester United mengantungi total pendapatan 46 juta poundsterling hanya dengan memasuki babak final.

Berapa besar pendapatan Bayern Munich dan Dortmund sebagai jawara dan runner up Liga Champions tahun ini, belum diketahui pasti.

Namun, Dortmund yang diposisikan sebagai underdog dan tampil gemilang, justru dianggap sebagai pemenang setidaknya dari harga saham yang terus melejit. Sejak memenangi babak semifinal, saham Dortmund naik menjadi 3,44 Euro pekan lalu atau naik 15%. Padahal, sebelum menghadapi Real Madrid di semifinal pada 24 Apri, saham Dortmund anjlok hampir 7%.

Kemenangan dan permainan yang spektakuler di babak final juga diyakini akan mendongkrak nilai para pemain Dortmund, yang diperkirakan akan mencapai  255 juta Euro atau naik 40 juta Euro dari permulaan musim Liga.

Meski kalah dari Bayern Munich 2-1 pada babak final Liga Champions 2012-2013, Borrussia Dortmund bermain gemilang. Tim yang diasuh pelatih muda Jurgen Klopp itu diperkirakan akan semakin matang dalam musim depan.

 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper