AFF 2012: Semi-final Malaysia vs Thailand, Schfer Waspadai Safee Sali

Daftar Pencetak Gol Malaysia di Grup B
Sutarno | 03 Desember 2012 14:39 WIB

Daftar Pencetak Gol Malaysia di Grup B

Laga

Pencetak gol

Lawan Laos  4-1

Safiq Rahim (T), Safee Sali (D), Khyril Muhymeen Zambri (D), Wan Zack Haikal Wan Nor (T)

Lawan Indonesia 2-0

Azamuddin Akil (T), Mahalli Jasuli (B)

Sumber: affsuzukicup.com, diolah

Ket: B (pemain belakang), T (tengah), D (depan)              

JAKARTA: Semi-final Piala AFF 2012 baru akan digelar pekan depan Sabtu dan Minggu 8-9 Desember. Namun, Thailand sudah mulai  melakukan kalkulasi terhadap kekuatan barisan penyerang Timnas Harimau Malaya, Malaysia.

Juara grup A Thailand akan bertanding melawan Malaysia selaku runner up grup B di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Minggu (9/12/2012).

Pelatih Thailand  Winfried Schäfer sebenarnya sudah  memiliki data kekuatan Malysia saat melakukan uji coba Rabu 7 November di Stadion Supachalasai Bangkok dengan kemenangan 2-0 atas tim tamunya tersebut.

Ketika Malaysia berhadapan dengan Indonesia Sabtu (1/12/2012) lalu Schäfer juga menyempatkan diri menyaksikan pertandingan el clasico Melayu tersebut.

Yang muncul di benak pelatih berkebangsaan Jerman itu seusai menyaksikan pertandingan tersebut adalah bintang Malaysia Safee Sali, yang pada Piala AFF 2010 menjadi Top Scorrer dengan 5 gol.

Padahal, dalam pertandingan tersebut stiker klub Indonesia Super League (ISL/kompetisi yang tak dikaui PSSI) Pelita Jaya tersebut sama sekali tidak mencetak gol.

Dari 3 laga yang dimainkan Malaysia di Grup B, Safee selalu menjadi  pilihan utama pelatih Krishnasamy  Rajagobal untuk mengisi lini depan Tim Harimau Malaya tersebut. Namun, dari tiga penampilannya itu Safee baru mencetak 1 gol, yaitu saat Malaysia melumat Laos 4-1 Rabu (28/11/2012).

Tumpuan serangan

Secara total, dari 6 gol yang dilesakkan Malaysia saat menghadapi Laos dan Indonesia, hanya 2 gol yang dilesakkan oleh pemain depan.  Bahkan, saat mengalahkan Indonesia 2-0 Sabtu lalu, dua gol masing-masing disumbangkan oleh seorang pemain belakang (Mahalli Jasuli)  dan pemain tengah (Azamuddin Akil).

Namun demikian, Schäfer justru mempunyai pandangan lain dalam melihat kekuatan lini depan Malaysia.

Walaupun tidak mencetak gol saat laga Malaysia vs Indonesia, Schäfer melihat Safee memiliki peran sentral, karena bangun serangan Malaysia sangat tergantung kepadanya.

“Pola serangan Malaysia sangat bergantung kepada Safee, namun kami tak boleh meremehkan kekuatan pemain Malaysia lainnya,” ujarnya seusai menyaksikan laga tersebut seperti dikutip affsuzukicup.com.

Lalu bagaimanakah Schäfer akan menyusun kekuatan Thailand saat bertandang ke Stadion Bukit Jalil Minggu  (9/12/2012) nanti?

Kita tunggu saja kiprah pelatih berambut gondrong itu saat memimpin Tim Gajah Putih menghadapi Harimau Malaya. (sut)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup