Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PIALA AFF 2012: Andik "Messi" Vermansyah Bawa Indonesia Tundukkan Singapura 1-0

JAKARTA: Timnas Sepakbola Indonesia akhirnya berasil menundukkan Singapura 1-0 dalam laga kedua Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalal, Malaysia, Rabu (28/11/2012).
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 November 2012  |  18:57 WIB

JAKARTA: Timnas Sepakbola Indonesia akhirnya berasil menundukkan Singapura 1-0 dalam laga kedua Grup B Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalal, Malaysia, Rabu (28/11/2012).

Setelah bermain imbang 0-0 pada babak I, Pelatih Timnas Garuda Nil Maizar berinisiatif memerkuat daya serang anak-anak asuhannya dengan memasukkan Andik Virmansyah menggantikan Ellie Aiboy pada menit 47.

Hasilnya sedikit menggemberikan. Dari siaran langsung Stasiun RCTI, pada menit 53, dari hasil dari umpan terobosan Timnas sempat bobol gawang Singapura, tetapi lebih dulu terjebak offside.

Meski belum berhasil, 10 menit awal laga babak II, Timnas menguasai jalannya pertandingan dengan serangan sayap dan umpan-umpan terobosan.

Upaya meraih kemenangan terus dilakukan Nil Maizar. Pada Menit 55 Bambang Pamungkas masuk menggantikan Rachmat. 

Setelah itu, gelandang-gelandang serang Timnas pun tampak lebih berani mencoba mendrible bola melewati lini belakang  Singapura.

Setelah Singapura memerbanyak jebakan offside  pada babak I, barisan pertahanan Timnas juga tak kalah cerdik,  melakukan strategi yang sama guna memersempit wilayah serang Singapura.

Serangan kedua tim masih buntu sampai menit 60, rasa penasaran para pemain pun mengarah ke permainan keras, khususnya Singapura.

Baihaki Khaizan, menit 62 mengintimidasi Kiper Timnas Wahyu Tri yang sudah berhasil menangkap bola umpan lambung Singapura. Wasit pun menghadiahkan kartu kuning kepadanya. 

Pada menit 65, Muhammad Irwan, bek Singapura diganjar Kartu merah wasit karena menebas kaki Andik Vermansyah saat gelandang serang Indonesia itu menggiring bola.

Memasuki paruh waktu babak II, dengan keunggulan jumlah pemain, Timnas Indonesia mulai menguasai setengah lapangan, sementara Singapura hanya bisa melakukan serangan balik.

Menit 73, Khairul , pemain sayap Singapura dianggap diving di dalam kotak penalti Indonesia sehingga wasit memberikan kartu kuning.

Strategi terakhir Nil Maizar menggantikan Oktavianus Maniani dengan Rasyid berbuah manis.

Serangan semakin efektif lewat tengah. Dan akhirnya pada menit 87, tembakan melengkung Andik Vermansyah dari setpiece di luar kotak penalti  berhasil memerdaya kiper Singapura dan Gol. 1-0 untuk keunggulan Indonesia.

Hasil ini pun bertahan sampai pertandingan berakhir.(k59) 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Yoseph Pencawan

Editor : Wahyu Kurniawan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top