Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAPFA CHESS WOMEN GRANDMASTER: Medina tundukkan Anna Burtasova

JAKARTA: Pecatur putri muda Indonesia Master Internasional Medina Warda Aulia, 14, menundukkan Grandmaster Anna Burtasova dari Rusia pada babak pertama turnamen Japfa Chess Women Grandmaster yang berlangsung di Hotel Atlet Century Park, Senayan (Minggu,

JAKARTA: Pecatur putri muda Indonesia Master Internasional Medina Warda Aulia, 14, menundukkan Grandmaster Anna Burtasova dari Rusia pada babak pertama turnamen Japfa Chess Women Grandmaster yang berlangsung di Hotel Atlet Century Park, Senayan (Minggu, 15 April 2012).Mengendalikan buah hitam, justru memberi keunggulan bagi anggota Dream Girls Indonesia itu. Dia tampil agresif melayani permainan Anna Burtasova, 25. Menggunakan pertahanan Prancis yang cenderung pasif kalau rokade di sayap raja.Akan tetapi Medina memilih rokade di sayap menteri pada langkah ke-10 setelah melihat Anna melakukan rokade sayap raja pada langkah ke-9. Setelah itu permainan berkembang liar karena Anna tidak bisa menyerang dari sayap raja, dan memikirkan keamanan rajanya pada sayap sama.Sebaliknya Medina leluasa membangun serangan dari sayap menteri setelah Anna melakukan kekeliruan ketika melakukan pergerakan fxg5 pada langkah ke-19. Langkah ini memungkinkan terbukanya beberapa lajur.Dua langkah kemudian Anna melakukan kesalahanan taktis dengan menggerakkan gajah ke petak b4 yang membuatnya kalah dua bidak pada empat langkah kemudian. Medina yang sudah mengantongi satu norma Grandmaster (GM) menyelesaikan permainan dengan efisien dan sempurna.Setiap langkah yang dia mainkan selalu dengan ancaman. Anna lalu menyerah pada langkah ke-45 setelah melihat bidak bebas Medina di jalur a tidak akan tercegah untuk melakukan promosi menjadi menteri.Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem,  kemenangan ini menjadi awal yang bagus bagi Medina, mengingat turnamen ini merupakan salah satu nomor dari Japfa Chess Festival, sehingga memungkinkan peserta meraih norma GM jika mampu mengumpulkan 7,5 angka dari 10 babak sistem kompetisi penuh.Hasil lainnya babak pertama: GM Evgeniya Doluhanova dari Armenia melawan MI Chelsie Monica Sihite berakhir remis. GM Anastasia Gutsko dari Ukraina melawan Yemi Jelsen 1-0.(api) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler