Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEJUARAAN CATUR: 3 Pecatur putri RI lawan macan Eropa

JAKARTA: Tiga pecatur putri kawakan Indonesisa akan bertarung melawan kepiawaiaan tiga Grandmaster dari Eropa Timur pada Japfa Chess Festival 2012 pada 15-21 April di Jakarta.Ketiga pecatur putri nasional itu adalah Master Internasional (MI) Chelsie

JAKARTA: Tiga pecatur putri kawakan Indonesisa akan bertarung melawan kepiawaiaan tiga Grandmaster dari Eropa Timur pada Japfa Chess Festival 2012 pada 15-21 April di Jakarta.Ketiga pecatur putri nasional itu adalah Master Internasional (MI) Chelsie Monica Sihite, MI Medina Warda Aulia, dan Master Nasional (MN) Yemi Jelsen. Yemi menggantikan posisi seniornya Master FIDE (MF) Dewi Citra karena kondisi fisiknya tidak mendukung berlaga."Ini merupakan pertarungan edisi ketujuh dari Japfa Chess Festival dari keterlibat kami sejak 12 tahun lalu," kata Komisaris PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Syamsir Siregar kepada wartawan, Kamis, 12 April 2012.Tema yang diusung pada laga tahun ini mempertemukan The dream girls Indonesia yang tengah naik daun melawan kekuatan tiga pecatur berpredikat GM dari Eropa Timur, masing-masing GM Anna Burtasova (Rusia), GM Evgeniya Dulohanova (Armenia), dan GM Anastasia Gutsko (Ukraina).Ketiga pecatur putri Indonesia bertanding kompetisi penuh atau sepuluh babak, masing-masing sekali memegang buah hitam dan sekali memegang buah putih. Ketiga pecatur Eropa tersebut memiliki reputasi besar di kawasan Eropa Timur sebagai gudangnya pecatur dunia.Anna Burtasova, 25, memiliki elo rating 2.271 menjadi terkenal di Eropa Timur karena pada usia 14 tahun berhasil meraih gelar MF, dan MI pada usia 17 tahun serta meraih predikat GM pada usia 22 tahun.Evgeniya Doluhanova, 28, dengan elo rating 2.269, kelahiran Baku, Azerbaijan, kini menjadi warga negara Ukraina mengajar di almamaternya, National Law Academy Jaroslav the Wise. Sejak Januari 2012 pindah warga negara ke Armenia. Evgeniya menyandang gelar GM sejak 2006.Adapun GMW Anastasia Gutsko, 27, memiliki elo rating 2.328 menjadi unggulan pertama dalam event internasional ini. Selain ratingnya paling tinggi, dia adalah salah satu dari 10 besar pecatur putri Ukraina yang aktif dalam kancah catur dunia. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Sarwani
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler