Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SEVEN SUMMIT: Pendaki rengkuh ketinggian 3.800 mdpl

JAKARTA: Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia (Seven Summits) yang melakukan pendakian ke Puncak Everest (8.848 mdpl) baik melalui jalur selatan (Nepal) dan jalur utara (Tibet) telah mencapai ketinggian kurang lebih 3.800 mdpl.Berdasarkan data yang diterima

JAKARTA: Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia (Seven Summits) yang melakukan pendakian ke Puncak Everest (8.848 mdpl) baik melalui jalur selatan (Nepal) dan jalur utara (Tibet) telah mencapai ketinggian kurang lebih 3.800 mdpl.Berdasarkan data yang diterima dari Ketua I Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia, Ipong Witono, Senin, tim jalur selatan yaitu Ardeshir Yaftebbi dan Fadjri Al Luthfi saat ini telah tiba di Desa Khumjung yang sebelumnya berada di Namche Bazaar dengan ketinggian 3.440 mdpl.Untuk mencapai Khumjung, kata dia, pendaki yang didampingi oleh pemandu harus melintasi jalanan menanjak tajam di perkampungan warga. Meski berjalan pelan, semua pendaki mulai jauh meninggalkan Namche Bazaar."Setelah satu jam berjalan, pendaki tiba di Syangbonche yang merupakan lokasi bandara paling tinggi di jalur selatan," katanya.Selain itu, berdasarkan informasi yang dikirim langsung dari lokasi pendakian, selama perjalanan yang dilalui, para pendaki disuguhi dengan pemandangan yang menakjubkan yaitu sebuah desa yang diselimuti dengan salju.Di Khumjung juga banyak terdapat bangunan kuil lengkap dengan roda-roda. Selain itu terdapat ukiran gambar-gambar spiritual serta tumbukan batu-batu yang berukir doa. Pada pintu masuk tertuliskan "Welcome to Khumjung 3.790 mdpl".Setelah tiba di Khumjung para pendaki diberikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam berikut dengan keragaman budaya. Para pendaki mengabadikan momen yang ada dengan foto maupun kamera video.Sementara itu tim jalur utara yang terdiri dari Nurhuda dan Iwan Irawan saat ini telah tiba di Beding dengan ketinggian sekitar 3.800 mdpl. Bahkan, tim ini telah mencoba melakukan pendakian hingga ketinggian 4.000 mdpl.Pendakian yang dilakukan dua pendaki yang didampingi oleh pemandu ini telah dimulai sejak Kamis (5/4). Sedangkan pendakian melalui jalur selatan dimulai Jumat (6/4).Perjalanan pendakian melalui jalur utara dimulai dengan melingkari lereng pegunungan dan dilanjutkan dengan melalui sungai Gaurishankar. Di sungai ini tim yang dipimpin oleh pemandu langsung melakukan tradisi mencipratkan air sebanyak lima kali, meminum air tiga kali dan membuat tumpukan batu lima tingkat.Setelah makan siang di tepi sungai perjalanan dilanjutkan. Pelan tapi pasti rombongan pendaki mulai berjalan lebih tinggi. Tim juga sempat mampir ke daerah Namare dimana ada tempat petilasan Shiva dan Khumari.Setibanya di Beding atau di ketinggian 3.800 mdpl tim pendaki tidak langsung istirahat. Oleh pemandu mereka diajak melihat-lihat wilayah setempat bahkan mencapai ketinggian sekitar 4.000 mdpl. Selanjutnya tim istirahat guna mempersiapkan diri untuk tahapan selanjutnya.Jika semua pendaki ini sukses mencapai puncak tertinggi di dunia ini dan mampu menancapkan Bendera Merah Putih maka layak disebut Seven Summiter. Sebutan ini merupakan idaman bagi seorang pendaki gunung di seluruh dunia. (Antara/arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler