YAMAHA CUP RACE timang Maguwo & Mandala Krida

JAKARTA: Yamaha memilih Yogyakarta sebagai kota tempat puncak gelaran Yamaha Cup Race (YCR) 2012, karena menghasilkan banyak pembalap mumpuni di ajang nasional dan regional.
Tusrisep | 06 April 2012 10:13 WIB

JAKARTA: Yamaha memilih Yogyakarta sebagai kota tempat puncak gelaran Yamaha Cup Race (YCR) 2012, karena menghasilkan banyak pembalap mumpuni di ajang nasional dan regional.

 

Ari Wibisono, Manajer Motorsport Yamaha Indonesia, menuturkan produktivitas Yogyakarta dalam menghasilkan pembalap handal sudah tak bisa disangkal.

 

“Kami memilih Yogyakarta sebagai tempat grand final sebagai ucapan terima kasih karena menghasilkan banyak pembalap hebat. Di Yogyakarta akan dipilih best team dan rookie of the year,” ujarnya kepada Bisnis hari ini.

 

Dia menyatakan pihak Yamaha juga berencana menggelar balapan malam. Dua tempat masih ditimang antara Stadion Mandala Krida yang berada di pusat kota ataukah Stadion Maguwoharjo yang sedikit berada di tepi kota.

 

“Masih kami survei kelayakannya, terutama agar tidak mengganggu lalu lintas dan keamanan jalannya lomba. Dalam waktu dekat kami putuskan,” lanjutnya.

 

Dalam jadwal resmi YCR 2012 yang digelar sebanyak sembilan seri. Medan menjadi kota pembuka pada 22 April mendatang. Tiga balapan malam mewarnai YCR tahun ini, dilaksanakan di sirkuit GOR Saburai, Lampung ; sirkuit Alun-Alun Kota Jember, Jember ; sirkuit Trans Studio, Makassar.

 

Besarnya animo masyarakat saat digelarnya balapan malam perdana YCR di area Lapangan Gasibu (depan Gedung Sate), Bandung, September tahun lalu membuat Yamaha kembali menyajikan balapan yang berbeda dari biasanya itu.

 

Lampung dan Makassar dipilih untuk balapan malam karena lokasi sirkuit non permanennya presentatif sedangkan seri Jember sekaligus untuk merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Jember.

 

Para pebalap YCR menggunakan Jupiter Z yang sudah terbukti kualitas mumpuninya menjadi tunggangan jawara-jawara pebalap Yamaha di tingkat nasional, Indoprix dan Motoprix.

 

Pada YCR tahun ini, para pebalap menunggangi Jupiter Z di 6 kelas yaitu Bebek 125 cc 4 Tak Tune Up Seeded, Bebek 110 cc 4 Tak Tune Up Pemula, Bebek 125 cc 4 Tak Tune Up Pemula, Bebek 110 cc 4 Tak Tune Up Pemula dan Standard Showroom. Di satu kelas lagi, Matic 130 cc, menggunakan motor matik Yamaha.

 

Hal menarik dari ajang ini, produsen motor berlogo Garpu Tala ini juga memberikan kesempatan bagi pebalap jalanan untuk bergabung.

 

”YCR fokus pada pengembangan para pebalap muda dan mendidik mereka menjadi pebalap profesional. Konsepnyaracetainment jadi ada balapan dan hiburan yang bisa diikuti klub, komunitas dan keluarga. Kualitas YCR tahun ini lebih dari sebelumnya,” papar Ari Wibisono.    

 

Yamaha juga memberikan apresiasi tinggi kepada para pebalap yang berpartisipasi di YCR dengan memberangkatkan10 pebalap yang terdiri dari lima pembalap dari kelas seeded dan lima lainnya dari kelas pemula ke Yamaha Asean Cup Race di Fillipina akhir 2012.

 

Jadwal Yamaha Cup Race 2012

Seri

Sirkuit

Jadwal

Seri 1

Pancing, Medan

22 April

Seri 2

GOR Saburay, Lampung

6 Mei (malam)

Seri 3

Lanud Cibeureum, Tasikmalaya

10 Juni

Seri 4

Alun-Alun Kota Jember

24 Juni (malam)

Seri 5

Stadion Maulana Yusuf, Banten

16 September

Seri 6

Trans Studio, Makassar

30 Sept (malam)

Seri 7

GOR Segiri, Samarinda

7 Oktober

Seri 8

Garuda Wisnu Kencana, Bali

28 Oktober

Seri 9

Mandala, Yogyakarta

25 November

 

Tag :
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top