Irene kalah lagi, Susanto buka peluang di kualifikasi dunia

JAKARTA: Kekalahan kembali ditelan pecatur terbaik putri Indonesia GM Irene Kharisma Sukandarpada babak ketujuh kejuaraan catur babak kualifikasi Piala Dunia 2011 Zona 3.3 Asia yang tengah berlangsung di Tagaytay City, Filipina.
Muhammad Sarwani
Muhammad Sarwani - Bisnis.com 29 Mei 2011  |  10:56 WIB

JAKARTA: Kekalahan kembali ditelan pecatur terbaik putri Indonesia GM Irene Kharisma Sukandarpada babak ketujuh kejuaraan catur babak kualifikasi Piala Dunia 2011 Zona 3.3 Asia yang tengah berlangsung di Tagaytay City, Filipina.

Meski demikian kekalahan itu bisa terobati oleh kemenangan pecatur terbaik putra yang juga berpredikat GM, yakni Susanto Megaranto. Pada babak ketujuh dia berhasil menahan remis atlet tuan rumah Filipina, GM Mark Paragua untuk tetap membuka peluang meraih satu tiket ke Piala Dunia.

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PB Percasi, Kristianus Liem dari Filipina melaporkan kepada Bisnis, hari ini bahwa kekalahan yang dialami Irene dari pecatur tuan rumah dan unggulan pertama di kejuaraan ini, yakni GM Nguyen Thi Than An.

Akibat kekalahan itu nilai Irene stagnan pada angka 4,5 poin, dan membuat peluangnya lolos ke Piala Dunia 2011 menjadi tipis. Posisi pertama hingga babak ketujuh dipimpin Nguyen Thi Than An dengan total 5,5 poin.

Tiga pecatur lain membuntuti posisi pecatur nomor satu Vietnam tersebut demean perolehan 5 angka, yakni GM Li Ruofan dari Singapura, GM Le Than Thu, dan GM Hoang Thi Bao Tram. Kedua pemain ini berasal dari Vietnam.

Adapun kekalahan Irene Kharisma atas GM Nguyen Thi Than An, disebabkan kesalahan sendiri. Dia melakukan korban kualitas benteng ditukar gajah dan satu bidak lawan. Langkah ini sebenarnya tidak perlu dilakukan.

Menurut Kristianus, demean permain remis pada babak ketujuh, masih membuka peluang Susanto Megaranto meraih satu dari dua tiket lolos ke Piala Dunia 2011 di Rusia. Nilai kemenangan Susanto saat pertandingan terdsisa dua babak, 5 poin.

Nilai tersebut hanya terpaut setengah angka dari pimpinan klasemen sementara atas nama GM Laylo Darwin dari Filipina yang sudah mengoleksi 5,5 angka kemenangan. Selain Susanto masih ada tiga pecatur lain mengumpulkan 5 poin, yakni MI Kevin Goh Wei Ming (Singapura), GM Mark Paragua (Filipina), dan GM Zhang Zhong (Singapura).

Pada babak kedelapan Susanto akan berhadapan demean pimpinan klasemen sementara GM Laylo Darwin. Untuk mengambilalih pimpinan Susanto harus mengalahkan pecatur tuan rumah tersebut.

Pecatur putri Indonesia lainnya, MF Dewi AACitra berpeluang meraih norma MI setelah menang melawan pecatur Mongolia Lkhamsuren Uuganbayar . Dari tujuh babak, Citra belum terkalahkan, tetapi hanya menang dua kali dan sisanya remis.

Kejuaraan catur kualifikasi Piala Dunia 2011 ini menyediakan dua tiket di bagian putra dan satu tiket di bagian putri. (ra)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top