Beban psikologis Tim Merah Putih lebih ringan

JAKARTA: Pertandingan kedua dalam semi final Piala AFF yang akan digelar Minggu dalam menghadapi Filipina, tim Merah Putih akan menanggung beban psikologis lebih ringan dan kemungkinan bisa kembali bertemu Malaysia yang pernah digasak 5-1.
Wandrik Panca Adiguna | 16 Desember 2010 15:09 WIB

JAKARTA: Pertandingan kedua dalam semi final Piala AFF yang akan digelar Minggu dalam menghadapi Filipina, tim Merah Putih akan menanggung beban psikologis lebih ringan dan kemungkinan bisa kembali bertemu Malaysia yang pernah digasak 5-1.

Timnas Indonesia memukul Filipina 1-0 dalam gelar semifinal piala AFF di Gelora Bung Karno malam ini.Presiden yang ikut menyaksikan secara langsung pertandingan itu. Ketika Presiden memasuki stadiun penonton menyambut bergemuruh meskipun ada juga yang berteriak "huuuuu".SBY menonton laga Indonesia versus Filipina didampingi Ibu Ani Yudhoyono dan Edhi Baskoro Yudhoyono alias Ibas. Tampak SBY itu bersorak ketika Cristian Gonzales menyundul bola ke ke gawang Filipina yang dikawal Neil Etheridge.Dengan dukungan 80.000 penonton, pada awal pertandingan, tim Merah Putih cukup mendapat tekanan.Duet Gonzales-Irfan Bachdim belum efektif dan baru pada menit ke-32 tandukan Gonzales membuat stadion bergemuruh.Pemain masa depan Indonesia yang berasal dari tim Mutiara Hitam, Okto Maniani, tampil gemilang. Irfan Bachdim yang sejak awal mendapat dukungan penuh dari penonton tak banyak menampilkan kebolehan. "Ternyata Irfan tak sedahsyat yang diceritakan selama ini," kata Purwoko, seorang eksekutif muda yang duduk di kursi VIP sektor 23.Firman Utina dkk makin gencar menyerang tim Filipina yang diperkuat oleh 8 pemain naturalisasi yang umumnya berasal di Jerman.Di babak kedua, Indonesia lebih dominan, terutama ketika Arif Suyono menggantikan Okto dan Bambang Pamungkas mengisi posisi Irfan.Yang cukup mengagetkan adalah ketika Markus gagal menangkap bola lambung sehigga nyaris gol. Untung saja Zulkifli Syukur menyelamatkan dengan menyundul bola hingga melewati mistar gawang.Susunan pemainIndonesia: Markus Haris M; Zulkifli Syukur, Maman Abdurachman, Hamka Hamzah, M Nasuha (Beny Wahyudi 85); M Ridwan, Ahmad Bustomi, Firman Utina, Oktavianus Maniani (Arif Suyono 61); Irfan Bachdim (Bambang Pamungkas 68), Cristian GonzalesFilipina: Neil Etheridge; Robert Gier, Anton Del Rosario, Roel Gener, James Younghusband, Phil Younghusband, Alexander Borromeo, Jason De Jong, Chris Greatwich, Ian Araneta (Emelio Caligdong 59), Ray Jonsson. (ln)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Mursito

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top