Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemda Diminta Ikut Gelorakan Asian Para Games

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap pemerintah daerah ikut mengampanyekan kejuaraan Asian Para Games 2018 Jakarta.
Ilustrasi: Atlet para panahan Indonesia dalam kompetisi di Asean Para Games Kuala Lumpur 2017./Istimewa-Kemenpora
Ilustrasi: Atlet para panahan Indonesia dalam kompetisi di Asean Para Games Kuala Lumpur 2017./Istimewa-Kemenpora

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi berharap pemerintah daerah ikut mengampanyekan kejuaraan Asian Para Games 2018 Jakarta seperti yang dilakukan saat mendukung pelaksanaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

"Harapan kami seperti itu. Daerah juga memiliki semangat yang sama untuk menyukseskan Asian Para Games 2018. Mari kita bersama-sama memberi dukungan," kata Menpora Imam Nahrawi usai rapat pleno Asian Para Games 2018 bersama Inapgoc (Panitia Pelaksana Para Games) di Jakarta pada Kamis (13/9/2018).

Kejuaraan internasional khusus untuk atlet difabel ini bakal dipusatkan di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, 6 -13 Oktober. Saat ini semua persiapan dikebut mengingat pelaksanaan kejuaraan yang pelaksanaannya satu paket dengan Asian Games 2018 itu kurang dari satu bulan.

Dalam rapat pleno yang juga dihadiri Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari dan Chef de Mission (CdM) Asian Para Games 2018 Arminsyah selain dibahas masalah publikasi juga menyangkut semua hal terkait dengan pelaksanaan kejuaraan 4 tahunan itu.

Menpora Imam Nahrawi mengaku mendapatkan laporan persiapan Asian Para Games 2018 sudah masuk 90 persen. Persiapan tersebut meliputi lokasi pertandingan hingga tim pendukung mulai dari volunter hingga sistem kejuaraan.

"Yang lebih penting saat ini adalah bagaimana teman-teman turut mempublikasikan logo, semangat Asian Para Games, serta figur dan para atlet ke penjuru Tanah Air. Makanya pemerintah daerah kami harapkan terlibat langsung," kata Imam menambahkan.

Dia memastikan Asian Para Games adalah langkah untuk menjaga harkat dan martabat bangsa yang betul-betul dipersiapkan dengan matang oleh Inapgoc. Tidak hanya itu, kesiapan secara prestasi juga sudah diupayakan dengan maksimal oleh pimpinan kontingen Tim Merah Putih.

Sementara itu, Raja Sapta Oktohari mengatakan semua lokasi pertandingan harus siap 25 September. Namun, pihaknya terus berupaya agar persiapan bisa dilakukan lebih cepat mengingat lokasi pertandingan akan digunakan untuk adaptasi atlet.

"Tantangan kita saat ini adalah waktu. Maka itu, kami meminta dukungan banyak pihak agar semuanya bisa berjalan sesuai dengan rencana," kata pria yang akrab dipanggil Okto itu.

Persiapan atlet juga tidak lepas dari pengawasan CdM Arminsyah. Menurut dia, secara umum persiapan atlet berjalan dengan baik. Bahkan dua cabang olahraga yang selama ini menjalani pemusatan latihan di Solo sudah bertolak menuju Jakarta.

"Atlet sudah 8 bulan berlatih di Solo dan sudah dua cabang olahraga yang berlatih di Jakarta yaitu lawn ball dan menembak. Selebihnya masih di sana sambil menunggu kesiapan venue dan juga kesiapan wisma," tuturnya saat dikonfirmasi.

Asian Para Games 2018 bakal mempertandingkan 18 cabang olahraga. Bakal ada 2.888 atlet dari 41 negara yang terlibat. Kontingen Indonesia ditargetkan mampu menduduki posisi tujuh klasemen umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler