Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Para Games 2018: Tiga Cabor ini Diharapkan Jadi Lumbung Emas Indonesia

National Paralympic Committe (NPC) Indonesia menetapkan tiga cabang olahraga bakal menjadi lumbung untuk merebut medali emas pada Asian Para Games 2018 Jakarta, 6-13 Oktober yaitu para bulu tangkis, renang dan catur.
Obor Asian Para Games 2018/Antara
Obor Asian Para Games 2018/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - National Paralympic Committe (NPC) Indonesia menetapkan tiga cabang olahraga bakal menjadi lumbung untuk merebut medali emas pada Asian Para Games 2018 Jakarta, 6-13 Oktober yaitu para bulu tangkis, renang dan catur.

Ketua Binpres NPC Indonesia Waluyo di Solo, Rabu (5/9/2018) mengatakan apa yang dilakukan sesuai dengan kemampuan atlet serta didasarkan pada hasil latihan maupun ujicoba baik di dalam dan luar negeri yang selama ini dilakukan.

"Itu hasil kajian yang kami lakukan. Harapan kami bisa lebih banyak lagi termasuk di luar cabang olahraga itu. Total ada 18 cabang yang kita ikuti,," katanya di sela pawai lentera api Asian Para Games 2018.

Menurut dia, pada pesta olahraga khusus atlet difabel empat tahunan ini, cabang lain yang diharapkan menyumbang emas adalah atletik, tenis meja dan angkat berat.

"Harapan kami, atletik bisa meraih tiga emas, tenis meja dua emas dan angkat berat satu emas. Jadi target kami adalah 18 emas. Untuk posisi klasemen bisa bergerak ke atas. Ke peringkat tujuh," kata Waluyo dengan tersenyum.

Meski menargetkan banyak medali, Waluyo menyadari jika membutuhkan kerja keras untuk meraihnya. Untuk itu pihaknya meminta atlet untuk tenang dan fokus untuk menghadapi kejuaraan tersebut meski pihaknya tidak memberikan beban yang berlebihan.

Pihaknya juga menyadari jika atlet dari negara lain juga ingin menjadi yang terbaik. China dan Jepang diperkirakan bakal mendominasi Asian Para Games 2018 disusul Iran, Korea Selatan, Uzbekistan, Thailand dan tuan rumah Indonesia.

Sementara itu salah satu atlet para atletik Setio Budi Hartanto mengaku akan memanfaatkan momen menjadi tuan rumah untuk meraih prestasi tertinggi mengingat dari dua Asian Para Games sebelumnya hanya mampu mempersembahkan perunggu untuk Indonesia.

"Sudah saatnya lebih baik dari hasil di Asian Para Games Doha maupun Guangzhou. Apalagi saat ini pemerintah memberikan bonus yang sangat besar untuk peraih medali emas," kata atlet dari nomor lompat jauh itu.

Pemerintah saat ini memperlakukan hak yang sama antara atlet Asian Games maupun Para Games dalam hal pemberian bonus. Peraih medali emas bakal diganjar bonus Rp1,5 miliar.

Para peraih emas Asian Games 2018 bahkan sudah bisa menikmati bonus sebelum kejuaraan ditutup secara resmi pada 2 September lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler