Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIAN GAMES 2018: Raih Pujian, Tokyo & Hangzhou Butuh Kreatif Jika Ingin Kalahkan Jakarta

Asian Games 2018, yang digelar di Jakarta dan Palembang, sejak resmi dibuka 18 Agustus 2018 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), berakhir sudah. Namun, menyisakan banyak hal. Setidaknya, Indonesia mendapatkan penilaian positif oleh media internasional. Pesta olahraga bangsa Asia itu tetap dihadiri oleh atlet kelas dunia dan penyelenggaraan yang baik oleh Indonesia sebagai tuan rumah.
Bintang dunia warenai penutupan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (2/9/2018)/Bisnis - Dwi Prassetya
Bintang dunia warenai penutupan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (2/9/2018)/Bisnis - Dwi Prassetya

Bisnis.com, JAKARTA - Asian Games 2018, yang digelar di Jakarta dan Palembang, sejak resmi dibuka 18 Agustus 2018 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), berakhir sudah. Namun, menyisakan banyak hal. Setidaknya, Indonesia mendapatkan penilaian positif oleh media internasional. Pesta olahraga bangsa Asia itu tetap dihadiri oleh atlet kelas dunia dan penyelenggaraan yang baik oleh Indonesia sebagai tuan rumah.

Tuan rumah Indonesia dinilai telah menggelar pertunjukan kelas dunia - ya, meskipun ada beberapa masalah logistik dan komunikasi- tetapi tidak ada yang tidak Anda temukan di Olimpiade atau pertandingan besar apa pun - Asian Games telah benar-benar muncul sebagai acara multisport terbesar kedua di dunia. Tidak hanya dalam hal jumlah peserta, tetapi juga dalam kualitas atlet dan kemampuan organisasi.

ASIAN GAMES 2018: Raih Pujian, Tokyo & Hangzhou Butuh Kreatif Jika Ingin Kalahkan Jakarta

Perenang Sun Yang (China),  pebasket Jordan Clarkson (Filipina), Ratu Squash Malaysia Nicol David (Malaysia),  Pesepakbola Tottenham Hotspur Son Heung-min (Korsel)./ Reuters & The Morung Express

Dalam laporannya, misalnya, South China Mourning Post (SCMP) menulis, besarnya Asian Games 2018 ini didukung oleh peduli para atlet level dunia untuk tampil di Indonesia.

Perenang China Sun Yang salah satunya. Dia menunjukkan pada beberapa kesempatan  dia peduli tentang Asian Games. Pertama adalah ketika dia bersikeras ingin mengulangi upacara medali untuk gaya bebas pria 200 meter setelah bendera tiba-tiba runtuh ke lantai saat lagu kebangsaan China dimainkan.

Padahal, beberapa minggu sebelumnya, saat dia menjawab panggilan untuk berenang dalam estafet gaya bebas 4x100m putra - lomba yang tidak sesuai dengan jadwalnya -  dia tengah menjalani perawatan di bagian punggungnya  yang merepotkan hingga jam 2 malam sebelumnya.  Namun,  kemudian, ada pelukan penuh air mata dengan seorang reporter dari maindland setelah dia memenangkan gaya bebas 1.500m putra untuk medali emas keempatnya di Jakarta.

Atlet basket kelahiran Filipa-American Jordan Clarkson juga menunjukkan dia peduli.  Bintang Cleveland Cavaliers memohon kepada NBA untuk memungkinkan dia mewakili Filipina di kompetisi bola basket Asian Games. Dia mencetak 20 poin  di setiap pertandingan yang dimainkannya di Jakarta dan, selama kekalahan mereka oleh Korea Selatan di perempat final, dia menunjukkan kekesalannya beberapa kali karena timnya gagal memanfaatkan peluang mereka.

Sprinter China Su Bingtian peduli.  Pemain sepak bola Tottenham Hotspur, Son Heung-min dari  Korea Selatan peduli. Sensasi pebulutangkis  Jepang, Kento Momota, perenang gaya kupu-kupu Singapura  Joseph Schooling, ratu Squash Malaysia Nicol David, pemain bola voli wanita China, Zhu Ting dan, tentu saja, bintang sepeda Hong Kong, Sarah Lee Wai-sze - mereka semua peduli.  Dan  karena nama-nama besar - bersama dengan 10.000 atlet dari negara dan wilayah-- dengan  kisah-kisah pengorbanan dan air mata yang kita mungkin tidak pernah tahu - peduli bahwa Asian Games memberikan  tembakan besar terhadap kredibilitas.

Tuan rumah Indonesia mengadakan pertunjukan kelas dunia - ya, meskipun ada beberapa masalah logistik dan komunikasi- tetapi tidak ada yang tidak Anda temukan di Olimpiade atau pertandingan besar apa pun - Asian Games telah benar-benar muncul sebagai acara multisport terbesar kedua di dunia. Tidak hanya dalam hal jumlah peserta, tetapi juga dalam kualitas atlet dan kemampuan organisasi.

Asian Games membutuhkan bintang-bintang kelas dunia untuk peduli dan mereka semua keluar untuk bermain dalam jumlah yang belum pernah terlihat sebelumnya dan membantu memperkuat integritas dan status ekstravaganza Jakarta.  Dari sudut pandang olahraga, Asian Games adalah arena yang layak untuk bintang-bintang top dari  China, Jepang dan Korea Selatan dan negara-negara lain untuk menguji satu sama lain menjelang Olimpiade yang berlangsung selama dua tahun.

Untuk atlet seperti Sun, Games di Jakarta lebih dari persiapan untuk Tokyo 2020. Dia merasa dia memiliki urusan yang belum selesai,  seperti memenangkan gelar pertama di 800 m freestyle Asian Games - yang dia lakukan sambil menambahkan emas dari 1.500 m, 200 m dan 400 m  untuk koleksinya, memberinya sembilan gelar dalam karirnya. 

Untuk Son,  ini tentang membantu tim sepakbola Korsel  meraih emas sehingga dia bisa dibebaskan dari wajib militer dua tahun di militer Korea Selatan.

Peraih medali emas perorangan perorangan David ingin membuktikan  dia masih memiliki kemampuan untuk bermain di tingkat atas setelah satu dekade mendominasi sirkuit profesional seperti yang belum pernah dilakukan pemain lain sebelumnya. Setiap atlet kelas dunia yang ikut serta dalam Olimpiade memiliki alasan sendiri untuk ingin sukses.

Jika itu tidak cukup menggembirakan,  tapi upacara pembukaan yang mengejutkan  pada 18 Agustus mengilhami   Jakarta  meningkatkan tekad mereka dan meyakinkan mereka   akan tampil di tempat khusus.  Upacara mengatur nada untuk Olimpiade.  Dari latar belakang gunung dan air terjun raksasa, gambar-sempurna yang dipasang di dalam Gelora Bung Karno  sebagai pintu masuk yang dramatis oleh Presiden Indonesia Jokowi - via stuntman Thailand dengan sepeda motor - Jakarta mengangkat bar dalam cara pembukaan  sebagai permainan utama. 

Tokyo dan Hangzhou, dalam empat tahun, perlu untuk memanggil pikiran kreatif dan artistik terbaik dunia jika mereka ingin mengalahkan Jakarta 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler