Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asian Games 2018, Gobel Dharma Sarana Karya Jamin Keamanan dan Nutrisi Atlet

PT Gobel Dharma Sarana Karya atau GDSK menekankan aspek keamanan pangan bagi atlet dan ofisial Asian Games 2018, selain perihal nutrisi bagi 11.500 orang di Jakarta dan Palembang.
Direktur Utama GDSK Regi Datau menunjukkan salah satu contoh kemasan makanan dingin bagi atlet Asian Games 2018/Antara
Direktur Utama GDSK Regi Datau menunjukkan salah satu contoh kemasan makanan dingin bagi atlet Asian Games 2018/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Gobel Dharma Sarana Karya atau GDSK menekankan aspek keamanan pangan bagi atlet dan ofisial Asian Games 2018, selain perihal nutrisi bagi 11.500 orang di Jakarta dan Palembang.

"Keamanan pangan paling penting. Ini karena selama ini Indonesia dianggap sedikit di bawah standar oleh sejumlah negara. Misalnya, atlet dan ofisial dari Jepang," ujar Direktur Utama GDSK Regi Datau, Senin (27/8/2018).

Dia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dan pelatihan bagi karyawan sangat diperhatikan guna menjamin keamanan pangan. GDSK sebagai anak usaha Gobel Group, sambungnya, juga mempunyai quality control team dan food safety team.

"Kami terus memantau suhu standar dan kemasan bahan makanan dan minuman dari pemasok. Selain itu, mengecek mobil angkutan yang digunakan," ungkapnya.

Hal kedua, ujar Regi, adalah terkait dengan pemenuhan selera dari para atlet dan ofisial dari 40 negara. Misalnya, GDSK mempekerjakan chef asli dari India dan Timur Tengah sehingga atlet bisa nyaman sesuai deng selera asli.

"Kami menyediakan menu otentik sesuai dengan selera atlet. Kami mempekerjakan lebih dari 1.000 karyawan untuk mendukung kebutuhan di Jakarta dan Palembang, belum termasuk para sukarelawan," kata Regi.

Dia menjelaskan bahwa GDSK dipilih sebagai main caterer Asian Games 2018 setelah mengikuti invitation tournament Asian Games 2018 di Kemayoran pada Februari 2018. Kegiatan itu diikuti sejumlah atlet dari 13 negara.

Regi Datau menegaskan, pemenuhan nutrisi dalam ajang sebesar Asian Games merupakan salah satu faktor penting sehingga kepercayaan yang diberikan harus dijaga dengan sempurna.

"Dengan pengalaman di bidang katering yang telah kami miliki, GDSK siap memasok nutrisi untuk atlet, offisial, dan panitia di Asian Games XVIII sesuai dengan standar dan aturan khusus internasional,” ujarnya.

Untuk sajian di Asian Games, menurut Regi, GDSK diminta panitia untuk menyediakan berbagai menu yang mewakili masakan Indonesia & Asia, International, Timur Tengah dan Vegetarian, mengingat delegasi yang hadir berasal dari berbagai negara yang memiliki karakteristik makanan yang berbeda-beda.

GDSK melayani hampir 49.000 porsi makanan-minuman per hari, belum termasuk untuk acara pembukaan dan penutupan.

Makanan-minuman tersebut disediakan di Main Dining Hall Athletes Village di Kemayoran-Jakarta dan juga di Jakabaring-Palembang, serta kurang lebih di 35 venue pertandingan yang tersebar di beberapa wilayah, seperti Gelora Bung Karno (14 cabang olahraga), JIEXPO (11 cabang olahraga), Rawamangun, Pulo Mas, TMII, PIK, Ancol, Pondok Indah, dan Cibubur.

"Kami memberikan perhatian khusus dalam hal nutrisi, mulai proses pengolahan hingga penyajiannya, demi menjaga kesehatan dan stamina atlet yang berlaga."

Untuk semakin memberikan layanan yang sempurna, GDSK membuka lapangan pekerjaan dengan memberi kesempatan kepada sekolah pariwisata untuk ikut berpartisipasi demi mensukseskan momen olahraga bangsa Asia ini.

Pada Asian Games ini, Panitia Nasional Pelaksana Asian Games (Inasgoc) menetapkan standar dan aturan khusus yang ketat untuk katering, seperti harus mempunyai sertifikat ISO 9001:2015 (sertifikasi Sistem Manajemen Mutu), ISO 22000:2005 (sertifikasi Sistem Keamanan Pangan), ISO 18001:2007 (serifikasi Sistem Manajemen K3), ISO 14001:2018 (sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan), sertifikat Laik Higiene Sanitasi Jasaboga.

Di samping itu, pengawasan makanan dengan konsep HACCP (Hazard Analysis & Critical Control Point), sertifikat Halal MUI, SNI (Standar Nasional Indonesia), hingga GHdP (Good Handling Practice), plus mencantumkan informasi gizi pada setiap menu.

Semua itu dilakukan agar makanan-minuman yang disajikan memenuhi syarat higienis, serta halal dan aman untuk dikonsumsi.

“Alhamdulillah, GDSK telah memiliki semua persyaratan tersebut, dan kami juga sudah berpengalaman menjadi caterer dalam skala internasional,” kata Regi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler