Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASIAN GAMES 2018: Indonesia Sikat Emas di Panjat Tebing Putri

Indonesia merebut satu medali emas lewat Aries Susanti, satu perak (Puji Lestari) dan satu perunggu di nomor speed perorangan putra dan putr cabang panjat tebing Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakabaring, Palembang, Kamis (23/8/2018)
Atlet panjat tebing Indonesia Aries Susanti peraih medali nomor speed pada panjat tebing Asian Games 2018/Youtube
Atlet panjat tebing Indonesia Aries Susanti peraih medali nomor speed pada panjat tebing Asian Games 2018/Youtube

Bisnis.com, JAKARTA -  Atlet putri panjat tebing Indonesia perkasa. Tampil di final nomor speed perorangan, Aries Rahayu Susanti mampu menyudahi perlawanan  Song Yiling asal China dan Puji Lestari (Indonesia di Jakabaring, Palembang, Kamis (23/8/2018). Aries meraih medali emas, dan Puji perak.

Semenetara itu, satu perunggu diraih oleh Aspar Jaelolo yang tampil di nomor speed man atau kecepatan pria yang mengalahkan rekan senegaranya Sabri di perebutan tempat ketiga.

Bahkan, di babak final nomor speed woman itu, terjadi all Indonesia final antara Aries Rahayu Susanti dan Puji Lestari. Kedua atlet Indonesia itu menyingkirkan dua pesaing berat mereka dari China, Song Yiling dan He Cuilian.  Puji Lestari menyingkirkan He Cuilian asal China di semifinal, sedangan Aries menyudahi perlawanan Song Yiling.

Dengan hasil itu, Aries meraih medali emas dan Puji Lestari meraih medali perak. Adapun atlet China Song Yoling, yang kalah dari Aries di semifinal, harus puas medali perunggu setelah dia mengalahkan rekan senegaranya He Cuilian.

 Aries Rahayu Susanti pada nomor keceptan putri (speed woman) membukukan catatan waktu 7,61 detik pada final mengalahkan rekan satu timnya Puji Lestari yang mencetak 7,98 detik.  Meski menjadi yang terbaik, capain Aries ini masih jauh dari rekor yang dibuatnya di seri Kejuaraan Dunia di Chongqing, China, Mei 2018 yang mencatat 7,51 detik. Pertemuan dua atlet Indonesia (all Indonesian final) ini telah dielu-elukan pendukung tuan rumah yang memandati Venue Panjat Tebing, Jakabaring Sport City, sejak partai semifinal.

Seperti yang diduga, Aries, pemanjat tebing berusia 23 tahun ini mampu mengalahkan kecepatan Song Yiling asal China di semifinal dengan membukukan catatan waktu 7,68 detik, sementara lawan hanya mampu 7,80 detik.

Saat penentuan apakah Indonesia mampu meloloskan dua atletnya ke final akhirnya tiba ketika Puji Lestari menghadapi He Cuilian asal China di semifinal. Penonton bersorak tak lain menginginkan Puji juga lolos ke final menemani Aries, dan benar saja Puji menyudahi perlawan Cuilian dengan membukukan catatan waktu 7,84 detik, sementara lawan hanya 7,94 detik.

Ratusan penonton yang berada di tribun sontak bersorak menandakan bahwa medali emas berhasil disumbangkan bagi Indonesia, yang sekaligus menjadi medali emas pertama dari Kota Palembang yang menjadi kota kedua pelaksanaan Asian Games Indonesia 2018. "Saya berusaha mengendalikan diri sendiri saja, meski ini jauh dari catatan waktu saya, tapi saya sangat bersyukur sekali dan terima kasih dukungannya," kata Aries, yang dikutip Antara,  sesaat setelah merayakan kemenangannya menyapa penonton dan menjumpai rekan-rekannya sembari menyelempangkan bendara Indonesia di pundak.

Namun, kemenangan sektor putri ini tidak diikuti kelompok putra yang menurunkan Sobri dan Aspar Jaelolo. Indonesia nyaris mencetak 'all Indonesian final' di nomor speed men (kecepatan putra), tetapi keduanya harus gugur di babak semifinal.  

Aspar Jaelolo harus takluk dari wakil China, Zhong Qixin yang membukukan waktu hanya berselisih satu detik darinya. Aspar 5,65 detik dan Zhong mencetak 5,64 detik. "Ya saya kaget, dia bergerak duluan seolah-olah, jadi saya ikut," kata Aspar.

Demikian juga dengan Sabri yang harus takluk dengan Alipour Shenazanadi Fard Reza, pemegang rekor dunia nomor ini dengan julukan Usain Bold-nya panjat tebing. Saat bersiap start, belum sempat diadu Sabri sudah dinyatakan gagal  karena melakukan kesalahan saat start.

Lantaran kegagalan di semifinal ini, pertemuan antara Aspar dan Sobri pun tidak dapat dihidarkan dalam perebutan tempat ketiga. Namun, kembali Sabri melalukan kesalahan di saat start sehingga Aspar untuk memastikan medali perunggu menjadi miliknya. Atas hasil di dua nomor perlombaan ini, Indonesia mengumpulkan 1 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Harapan tambahan medali masih terbuka bagi Indonesia di nomor combine relay putra dan putri yang mulai menggelar babak penyisihan Jumat (24/8)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler