Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Edgar Sumbangkan Medali untuk Masyarakat Indonesia

Atlet wushu putra Indonesia Edgar Xavier Marvelo berhasil meraih medali perak pada partai final wushu nomor changquan di Hall B Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (19/8) pagi.
Atlet wushu Indonesia, Edgar Marvelo (kiri)/Istimewa
Atlet wushu Indonesia, Edgar Marvelo (kiri)/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Atlet wushu putra Indonesia Edgar Xavier Marvelo berhasil meraih medali perak pada partai final wushu nomor changquan di Hall B Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Minggu (19/8) pagi.

Medali perak ini menjadi yang pertama disumbangkan untuk kontingen Merah-Putih. Marvel meraih skor 9,72 selisih tipis dari peraih emas China Peiyuan Sun yang berhasil mengoleksi skor 9,75 sedangkan perunggu 9,70 menjadi milik atlet China Taipe Tsemin Tsai.

"Puji Tuhan saya senang dan hasilnya maksimal, persiapan memang sudah latihan intensif di China selama 4 bulan terakhir ini, tahun lalu kita juga sudah ada try out, ikuti SEA Games dan lainnya. Medali ini untuk masyarakat Indonesia, keluarga, dan yang lainnya," ujar Edgar yang ditemui usai upacara pengalungan medali.

Menurutnya dirinya tidak ditargetkan untuk meraih medali hanya agar bermain maksimal. "Tidak, tidak ada saya ditergetkan meraih medali hanya bermain maksimal tanpa pemotongan nilai, dalam hati saya juga hanya bermain maksimal saja," ujar atlet 19 tahun ini.

Edgar mengucapkan terima kasih kepada pelatih yang sudah membentuk dirinya hingga berprestasi seperi sekarang. "Pelatih membentuk saya seperti sekarang ini, target saya tetap berlatih maksimal terlebih di bulan November ada kejuaraan Dunia di Myanmar mohon doanya," tutupnya.

Hasil ini membuat Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto merasa lega karena cabor wushu merupakan salah satu tumpuan Indonesia meraih medali. "Alhamdulillah pertandingan tadi yang memperebutkan emas kita meraih perak melali Edgar medali ini menjadi yang pertama untuk seluruh kontingen Indonesia," ucap Hartarto.

"Mudah-mudahan esok kita bisa mendapat medali lagi, para atlet juga luar biasa mereka bermain lepas atas hasil dari latihan kerasnya, mudah mudahan besok bisa berprestasi lagi. Saya janjikan hadiah mobil untuk peraih medali emas," tambahnya.

Pelatih wushu Indonesia Novianti mengakui bahwa apa yang diraih Edgar adalah diluar ekspektasi, menurutnya untuk bisa masuk ke tiga besar sudah luar biasa.

"Hasil yang diraih Edgar ini memang diluar ekspektasi, ini juga hadiahnya untuk bangsa yang tengah merayakan HUT RI ke-73 tahun," katanya.

Sementara, CdM Kontingen Indonesia Syafruddin yang hadir menyampaikan optimisnya kepada cabor wushu yang menjadi andalan meraih medali.

"Harapan besar kita ada di wushu karena publik sudah paham bahwa salah satu peyumbang medali emas Indonesia ada di wushu," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler