Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Juara Asia Junior Championships 2018, Ribka/Febriana Diguyur Bonus

Juara Asia Junior Championships 2018, Ribka/Febriana Diguyur Bonus
Ribka Sugiarto yang berpasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Bisnis
Ribka Sugiarto yang berpasangan Febriana Dwipuji Kusuma/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Ribka Sugiarto yang berpasangan Febriana Dwipuji Kusuma meraih satu-satunya gelar bagi Indonesia pada 2018 Asia Junior Championships yang digelar di Jakarta pada 14-22 Juli lalu. Dua atlet Perkumpulan Bulutangkis (PB) Djarum ini berhasil mempertahankan prestasi dengan gelar bagi Indonesia di kejuaraan bagi para pebulutangkis U19 tersebut.

Ribka/Febriana menjadi juara hanya dalam waktu 20 menit, setelah mengandaskan pasangan Malaysia, Pearly Koong Le Tan/Ee Wei Toh, dengan skor 21-12, 21-16. Sebelum melesat ke final, Ribka/Febriana berhasil menyingkirkan unggulan pertama asal Tiongkok, Liu Xuanxuan/Yuting Xia, dengan rubber-game 25-23, 14-21, dan 21-15. Liu/Xia merupakan peraih medali perak pada Asia Junior Championships setahun silam.

Atas torehan prestasi ini, Bakti Olahraga Djarum Foundation memberikan penghargaan sebesar Rp. 60 juta kepada Ribka dan Febriana, saat pembukaan acara Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di GOR RM Said Karanganyar. Keduanya juga mendapatkan lemari es dua pintu dari Polytron. Pemberian penghargaan ini dilakukan pada Sabtu (4/8/2018) di Rumah Dinas Bupati Karanganyar, Jawa Tengah.

"Kami bangga sekali atlet-atlet muda PB Djarum mampu membuktikan potensi mereka dengan meraih prestasi di kejuaraan dunia junior. Penghargaan ini sebagai pelecut semangat mereka untuk terus meraih prestasi lebih besar lagi di level senior nantinya," tutur Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppy Rosimin, saat sesi jumpa pers di Rumah Dinas Bupati Karanganyar. 

Ribka merupakan salah satu contoh atlet berprestasi yang dihasilkan dari Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis. Cerita dara manis ini berlabuh di PB Djarum bermula dari Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis pada tahun 2013. Di antara ribuan peserta lainnya, Ribka berhasil lolos berbagai tahapan di bawah pantauan langsung Tim Pencari Bakat. Sementara, Febriana tercatat sebagai atlet PB Djarum yang menjadi juara termuda di Kejuaraan Nasional PBSI 2016, serta penghuni Pelatnas PBSI peraih gelar juara termuda Indonesia International Challenge 2017. 

Sebelum digelar seremoni pemberian penghargaan, Ribka dan Febriana sempat menyambangi GOR RM Said Karanganyar. Bersama Tim Pencari Bakat PB Djarum, keduanya bertatap muka sekaligus memberikan motivasi kepada para peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018 di Solo Raya. "Untuk para peserta Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis, Ribka ini merupakan salah satu contoh nyata pembibitan yang dilakukan PB Djarum sejak usia dini. Terlebih Ribka adalah atlet kelahiran Karanganyar, semoga prestasi Ribka dan Febriana ini bisa menjadi teladan bagi atlet-atlet muda masa depan Indonesia," jelas Yoppy.

Di usia muda belia, Ribka/Febriana sudah menjadi pasangan potensial bagi skuad Merah Putih. Dua atlet spesialis ganda ini telah bersinar di sejumlah kejuaraan di tingkat nasional hingga meraih predikat Pemain Terbaik PB Djarum 2016. Sejak keduanya bergabung di Pelatnas PBSI pada tahun 2017, gelar demi gelar dipersembahkan oleh Ribka dan Ana --sapaan akrab Febriana-- bagi Indonesia.

Apresiasi terhadap Ribka juga datang dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar, kampung halaman Ribka. Bupati Karanganyar Juliyatmono secara khusus memberikan penyambutan dan pujian terhadap Ribka sebagai putra daerah. "Ribka adalah kebanggaan kita, warga Karanganyar. Ribka sudah melakukan dan membuktikan kepada kita semua. Harapan kita adalah keberhasilan Ribka ini bisa menjadi motivasi bagi anak-anak di Indonesia di masa depan untuk bisa meraih prestasi seperti dia," ujar Juliyatmono yang juga merupakan Ketua PBSI Kabupaten Karanganyar.

Perolehan satu medali emas hasil perjuangan Ribka/Febriana di 2018 Asia Junior Championships, merupakan peningkatan bagi skuad Merah Putih. Tahun ini, Indonesia meraih lima medali, yang terdiri dari satu emas serta empat perunggu. Sementara setahun lalu, tim Merah Putih meraih satu perak dan dua perunggu --satu di antaranya juga diraih Ribka--. "Saya berterima kasih atas dukungan semua pihak, terutama dari PB Djarum dan juga Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Semoga saya bisa terus menjadi juara dan prestasi yang lebih banyak lagi," tutur Ribka.

Hal senada dilontarkan Febriana, yang bergabung dengan PB Djarum pada tahun 2013, yang mengungkap kegembiraannya bisa meraih gelar juara 2018 Asia Junior Championships. "Tentu senang sekali bisa meraih gelar juara. Dengan apresiasi ini semoga saya semakin semangat berlatih dan punya keyakinan tinggi untuk meraih prestasi lebih baik lagi," tandas Febriana.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler