Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kementerian/Lembaga Ramai-ramai Mau Bantu Hunian untuk Zohri

Apresiasi terus mengalir kepada Lalu Muhammad Zohri yang berhasil meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018) waktu setempat.
Deretan medali yang pernah diraih Lalu Muhammad Zohri./Bisnis-Eka Chandra Septarini
Deretan medali yang pernah diraih Lalu Muhammad Zohri./Bisnis-Eka Chandra Septarini

Bisnis.com, JAKARTA – Apresiasi terus mengalir kepada Lalu Muhammad Zohri yang berhasil meraih medali emas pada Kejuaraan Dunia Atletik Junior U-20 di Tampere, Finlandia, Rabu (11/7/2018) waktu setempat.

Sejumlah lembaga atau institusi pemerintahaan pun menegaskan keinginannya untuk memberikan hadiah kepada pelari muda itu.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), misalnya, siap untuk mengerjakan renovasi rumah keluarga dan pembangunan rumah baru Zohri. Institusi TNI dan Polri pun bakal memberikan apresiasi serupa kepada Zohri.

Bahkan, Kementerian Dalam Negeri juga berencana memberikan satu unit rumah untuk atlit asal Nusa Tenggara Barat tersebut.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga mengakui banyak pihak yang ingin berkontribusi dalam perbaikan rumah dan bantuan lainnya kepada Zohri.

Namun, jelasnya, hal itu mesti dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara.

“Sesuai dengan hasil musyawarah, akan dikoordinasikan oleh pemerintah kabupaten,” jelasnya dalam siaran pers, Sabtu (14/7/2018).

Sebagai informasi, renovasi rumah Zohri merupakan perintah Presiden Joko Widodo kepada Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Danis mewakili Kementerian PUPR telah mengunjungi rumah Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB.

Ia pun telah bertemu dengan Bupati Lombok Utara H. Najmul Ahyar, keluarga Zohri yang diwakili dua orang kakak Zohri, unsur dari Kepolisian dan TNI setempat, Kepala Dinas, dan Kepala Desa Pemenang Barat, Jumat (13/7/2018) siang. Berdasarkan hasil musyawarah sejumlah pihak tersebut, Danis  mengatakan renovasi rumah untuk keluarga Zohri akan dilakukan bersama-sama dengan TNI dan Polri.

Pengadaan tanah untuk pembangunan rumah baru Zohri akan dilakukan oleh Pemkab Lombok Utara, sedangkan pembangunannya dilaksanakan Kementerian PUPR.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri pun berencana memberikan rumah baru kepada Zohri. Rumah yang diberikan itu berada di Bangsal Regency, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, yang lokasi tidak jauh dari kediaman Zohri.

“Ungkapan rasa bangga dan apresiasi kepada Zohri atas prestasi dunianya yang membawa harum Indonesia, keluarga besar staf Kemendagri memberikan apresiasi kepada saudara Zohri sebuah rumah” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam pesan singkatnya, Jumat (13/7/2018).

Mendagri mengatakan, upacara simbolis akan dilakukan setelah Lalu Muhammad Zohri tiba di tanah air.

“Begitu tiba di Indonesia, langsung diserahkan simbolis di Jakarta atau di Nusa Tenggara Barat (NTB),” ujar Tjahjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler