Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia 2018: Mengenal 11 Kota Tuan Rumah di Negeri Beruang Merah

Rusia kini bisa disebut sebagai negara yang paling disorot dunia, karena menjadi tuan rumah perhelatan sepak bola dunia.
 Seorang presenter memegang bola yang digunakan pada Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia./Reuters
Seorang presenter memegang bola yang digunakan pada Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Rusia menjadi negara yang paling disorot dunia, karena menjadi tuan rumah perhelatan sepak bola dunia.

Sebagai tuan rumah, Rusia menawarkan pengunjung internasional pengalaman paling dinamis, dan beragam karena berada di tengah-tengah geografi yang unik dan aneka budaya dari kota-kota tuan rumah.

Geografi

Rusia termasuk negara yang sangat luas. Dibatasi oleh 12 lautan Atlantik, Arktik, dan Samudera Pasifik, 17,1 juta km persegi negara ini mencakup seperdelapan dari luas permukaan bumi yang dihuni.

Rusia adalah negara dengan keindahan, keragaman dan lingkungan alam ekstrem yang tak tertandingi, seperti puncak-puncak gunung Ural dan Kaukasus yang tertutup salju, hutan Siberia yang tampaknya tak terbatas, sungai-sungai luas yang membentang di seluruh benua, padang pasir, dan padang rumput di padang rumput utamanya.

Rusia adalah tanah Danau Baikal yang terdalam dan paling murni di dunia dan Volga, sungai terpanjang di Eropa.

Populasi

Orang-orang Rusia sama luar biasa beragamnya dengan negara mereka. Di tanah itu, hidup 146 juta orang yang mewakili lebih dari 140 kebangsaan dan kelompok etnis yang berbicara lebih dari 100 bahasa, belum lagi beragam keyakinan, adat istiadat, dan warisan sejarahnya. Dalam hal jumlah penduduk, Rusia adalah negara terbesar kesembilan di dunia.

Kontribusi Rusia terhadap budaya, seni, dan sains dunia sangat besar. Rusia adalah rumah bagi lebih dari 20 pemenang Hadiah Nobel, termasuk penyair abad ke-20 Boris Pasternak dan Joseph Brodsky, ilmuwan dan aktivis hak asasi manusia Andrei Sakharov dan Presiden pertama Uni Soviet Mikhail Gorbachev.

Rusia memiliki tradisi yang kuat dalam musik, sastra, dan seni. Tokoh-tokoh kunci termasuk: komposer Peter Tchaikovsky, Sergei Rakhmaninov dan Dmitry Shostakovich; penulis Leo Tolstoy, Fyodor Dostoyevsky dan Anton Chekhov. Bolshoi di Moskow dan teater Mariinsky di St. Petersburg diakui sebagai merek opera dan balet.

Negara ini juga tercatat memiliki 23 situs Warisan Dunia UNESCO, 40 cagar Biosfer UNESCO, 40 taman nasional dan 101 cagar alam. Sedangkan sumber daya alamnya meliputi pasokan utama kayu, minyak bumi, gas alam, batu bara, bijih dan sumber daya mineral lainnya.

Olahraga

Orang-orang Rusia berdedikasi dan terpesona oleh olahraga. Negara ini telah berhasil dalam berbagai macam olahraga, secara konsisten tampil di antara negara-negara terbaik di kompetisi internasional.

Sepak bola, bagaimanapun, adalah olahraga paling populer di zaman Rusia modern. Sepak bola secara universal dicintai dan antusias dimainkan sepanjang tahun oleh orang-orang Rusia.

Kualitas sepakbola Rusia meningkat, seperti kinerja tim nasional dan klub Rusia. Klub-klub seperti CSKA Moscow dan Zenit St Petersburg (masing-masing pemenang Piala UEFA 2005 dan 2008), Lokomotiv Moscow, Spartak Moscow, dan Rubin Kazan dengan prestasi luar biasa mereka di Liga Champions. Sementara tim nasional Rusia mencapai semi-final di UEFA EURO 2008.

Piala Dunia 2018

Di ajang Piala Dunia 2018, sebanyak 11 kota di Rusia menjadi tuan rumah. Yaitu Ekaterinburg, Saint Petersburg, Kazan, Kaliningrad, Moskow, Saransk, Samara, Volgograd, Sochi, Rostov On Don, dan Nizhny Novgorod.

Berikut mengenal lebih dekat 11 kota tersebut seperti dilansir fifa.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman Selanjutnya
1. Ekaterinburg
Sumber : fifa.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper