Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MotoGP: Rossi Raih Pole Position, Tapi Tak Yakin dengan Hasil Balapan

Valentino Rossi berhasil meraih pole position dan berhasil membukukan rekor tercepat baru di Sirkuit Mugello Italia saat sesi Kualifikasi MotoGP Sabtu (2/6/2018). Namun pebalap Tim Movistar Yamaha itu tak yakin dengan hasil balapan, karena balapan akan lebih sulit ketimbang sesi kualifikasi.
Para penggemar Valentino Rossi menyambut gembira sukses The Doctor meraih pole position dan memecahkan rekor Mugello. Video diunggah VR46 Fans di Youtube.
Para penggemar Valentino Rossi menyambut gembira sukses The Doctor meraih pole position dan memecahkan rekor Mugello. Video diunggah VR46 Fans di Youtube.

Bisnis.com, JAKARTA – Valentino Rossi berhasil meraih pole position dan berhasil membukukan rekor tercepat baru di Sirkuit Mugello Italia saat sesi Kualifikasi MotoGP Sabtu (2/6/2018). Namun pebalap Tim Movistar Yamaha itu tak yakin dengan hasil balapan, karena balapan akan lebih sulit ketimbang sesi kualifikasi.

Data motogp.com menyebutkan Rossi berhasil meraih posisi tercepat di sesi Kualifikasi 2 (penentuan posisi start 1—12 dengan catatan waktu  1:46,208 (1 menit 46,208 detik).

Ini sekaligus memecahkan rekor tercepat Sirkuit Mugello yang telah dipegang Marc Marquez selama lima tahun, ketika berhasil menorehkan waktu tercepat 1:47,639 pada tahun 2013.

Akan tetapi Rossi masih belum yakin dengan hasil balapan yang akan digelar hari ini Minggu (3/6/2018) dengan 23 lap atau menempuh jarak 120,6 kilometer.

“Balapan besok akan lebih sulit. Tetapi saya menikmati moment meraih pole position ini,” ujar Rossi melalui siaran pers Yamaha-racing.com yang dilansir Sabtu (2/6/2018).

The Doctor sepertinya masih belum berpikir mengenai hasil balapan dan sangat menikmati momentum ketika memecahkan rekor Mugello di depan para penggemarnya, karena semula dia hanya menargetkan meraih posisi start baris pertama atau posisi start 1—3.

“Ini momentum yang sangat emosional. Tahun ini saya mengalami kesulitan menjalani sesi Kualifikasi, tapi hari ini sungguh luar biasa. Posisi start bari pertama sebenarnya sudah cukup, tapi  ternyata saya meraih pole position,” lanjut Rossi.

Tim mekanik Movistar Yamaha juga menyadari bahwa meraih pole position bukan menjadi jaminan bagi Rossi untuk memenangi balapan Mugello atau balapan MotoGP seri ke-10 musim 2018.

Massimo Meregalli, Direktur Tim Movistar Yamaha MotoGP, mengatakan Sabtu malam tim mekanik langsung bekerja keras untuk mempersiapkan setelan motor sebelum Rossi terjun di Sesi Pemanasan hari ini, Minggu (3/6/2018) pukul 9:40—10:00 waktu setempat atau 14:40—15:00 WIB untuk mendapatkan settingan motor final.

“Sesi pemasan di pagi hari suku lebih dingin dan udara lebih lembab dibandingkan sesi balapan di siang hari, tapi kami akan membuat setinggan terbaik sebelum balapan,” ujarnya.

Sempat terseok-seok

Keraguan akan hasil akhir Rossi di Mugello berkaca pada performa Rossi saat menjalani sesi Latihan 1—4, sebelum menjalani sesi Kualifikasi 2.

Performa Rossi kurang meyakinkan pada Selama Free Practice (Latihan) sesi Latihan  1 dan Latihan 2 hari Jumat (1/6/2018).

Selama Latihan 1 Rossi menempati posisi ke-8, sementara pebalap tercepat dipegang Andrea Iannone (Suzuki) dengan catatan waktu 1:47,253 (1 menit 47,253 detik).

Pada sesi Latihan 2, Rossi juga kurang bersinar karena hanya menempati posisi ke-7,sedangkan Iannone masih menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1:46,735.

Performa Rossi mulai terlihat meningkat di sesi Latihan 3 dan Latihan 4 hari Sabtu (2/6/2018).

Di Latihan 3 sebagai penentuan posisi kualifikasi, Rossi menempati posisi ke2 dengan selisih 0,336 detik dari pebalap tercepat Marc Marquez(Repsol Honda) yang menorehkan waktu tercepat 1lap 1:46,439.

Tapi itu sudah cukup bagi rossi karena masuk 10 besar untuk langsung mengikuti Kualifikasi 2 atau penentuan posisi start 1--12.

Kemudian di sesi Latihan 4 atau sesi pemanasan sebelum Kualifikasi, Rossi kembali terpuruk karena hanya menempati posisi ke-6.

Akan tetapi, keraguan terhadap performa Rossi terjawab saat Kualifikasi 2 ketika The Doctor berhasil menjadi pebalap tercepata atau meraih pole posisiton dengan catatan waktu 1:46,208.

Rossi hanya unggul tipis 0,035 detik dari peraih posisis start ke-2 Jorge Lorenzo (Ducati).

Rossi bahkan berhasil memecahkan rekor tercepat Sirkuit Mugello yang dipegang Marc Marquez dengan catatan waktu 1:47,639 pada tahun 2013.

Mampukah Rossi menjadi Juara Mugello 2018 dengan bekal rekor baru tersebut? Kita tunggu saja hasilnya pada balapan yang akan digelar hari ini Minggi (3/6/2018) pukul 14:00 waktu setempat atau pukul 19:00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler