Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Persiapan Asian Games, Balap Sepeda Bertarung di Belanda & Belgia

Tim balap sepeda Indonesia disiplin BMX yang disiapkan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada 18 Agustus - 2 September bakal diuji kemampuannya pada dua kejuaraan level dunia yang semuanya digelar di Eropa.
Atlet balap sepeda BMX nasional Elga Kharisma Novanda/Antara-Zabur Karuru
Atlet balap sepeda BMX nasional Elga Kharisma Novanda/Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Tim balap sepeda Indonesia disiplin BMX yang disiapkan untuk Asian Games 2018 Jakarta-Palembang pada 18 Agustus - 2 September bakal diuji kemampuannya pada dua kejuaraan level dunia yang semuanya digelar di Eropa.

"Memang benar, tim BMX akan turun dibeberapa kejuaraan yang telah kami siapkan. Satu di Papendal, Belanda dan satu lagi di Zolder, Belgia," kata manajer timnas balap sepeda Indonesia, Budi Saputra saat dikonfirmasi dari Jakarta pada Rabu (18/4/2018).

Pada dua kejuaraan dunia tersebut, Indonesia mengirimkan tiga pebalap terbaiknya yaitu I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar, dan Tony Syarifudin. Sebelum berangkat ke Eropa, ketiga pebalap ini menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) di Yogjakarta.

Berdasarkan jadwal, ketiga pebalap Indonesia yang akan diandalkan di Asian Games 2018 ini terlebih dulu akan turun di kejuaraan dunia di Papendal, Belanda, 4-6 Mei. Satu pekan berikutnya turun di Zolder, Belgia dengan level kejuaraan yang sama.

Meskipun kejuaraan masih terbilang cukup lama, tim BMX Indonesia ternyata sudah berangkat lebih awal guna menjalani pemusatan latihan. Hanya saja, bukan Belanda dan Belgia yang menjadi tujuan, melainkan ke Prancis.

"Mereka sudah berangkat Sabtu (14/4/2018)," kata Budi Saputra yang saat ini mengawal tim Down Hill Indonesia yang menjalani pemusatan latihan di Melbourne, Australia.

Tim BMX Indonesia yang disiapkan untuk Asian Games 2018 adalah empat atlet yang satu di antaranya adalah perempuan yaitu Elga Kharisma Novanda. Hanya saja, pebalap asal Malang ini harus bertahan di Indonesia untuk menjalani penyembuhan cedera pinggulnya.

Elga yang merupakan peraih emas Sea Games 2017 Malaysia itu memang fokus pada proses penyembuhan mengingat pebalap berusia 25 tahun juga akan diandalkan pada nomor track di kejuaraan olahraga 4 tahunan terbesar di Asia itu.

Cabang balap sepeda merupakan salah satu andalan Indonesia untuk meraih emas Asian Games 2018. Ada empat displin yang bakal dipertandingkan yaitu BMX, Cross Country (DH-MTB), Road Race dan Track.

Disiplin BMX sesuai dengan rencana akan dipertandingkan di lintasan balap Pulomas, Jakarta. Untuk XC dan Road Race di kawasan Subang, Jawa Barat. Sedangkan Track bakal menggunakan velodrome baru di Rawamangun, Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler