Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

15 Gelanggang di Gelora Bung Karno Siap Digunakan Saat Asian Games

Sebanyak 15 gelanggang atau venue olahraga yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno telah selesai seluruhnya.
Kawasan Kompleks Gelora Bung Karno. / Istimewa
Kawasan Kompleks Gelora Bung Karno. / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Sebanyak 15 gelanggang atau venue olahraga yang dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018 di Kompleks Gelora Bung Karno telah selesai seluruhnya.

Selain itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basoeki Hadimoeljono mengatakan bahwa gelanggang lomba dayung dan menembak di Kompleks Jakabaring Sport Center (JSC), Palembang dan Wisma Atlet Kemayoran juga telah rampung.

"Saat ini pekerjaan yang tengah diselesaikan oleh Kementerian PUPR di ketiga kawasan tersebut adalah penataan kawasannya," katanya elalui siaran pers, Senin (19/2/2018).

Sayangnya, Basoeki tidak menyebutkan 15 gelanggang olahraga apa saja yang dikerjakan PUPR di kawasan Gelora Bung Karno.

Sebanyak 82 gelanggang disiapkan untuk mendukung perhelatan Asian Games XVIII, pesta olahraga terakbar se-Asia tersebut. Perinciannya, sebanyak 31 gelanggang dibangun oleh Kementerian PUPR, 14 oleh Pemprov DKI Jakarta, 13 oleh Pemprov Sumatra Selatan, 2 oleh Pemprov Jawa Barat, dan 22 oleh Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee.

Mengenai bak pasir yang digunakan untuk olahraga lompat jauh dan lompat jangkit, Basoeki mengatakan bahwa sudah dilakukan pertemuan untuk membahas perbaikan yang diperlukan dengan memperhatikan Stadion Utama GBK sebagai cagar budaya.

Di samping melakukan pembangunan dan rehabilitasi gelanggang olahraga dan wisma atlet sesuai dengan Inpres 2 tahun 2016, Kementerian PUPR juga mendapat tugas tambahan untuk membangun gelanggang layar dan jetski di Ancol serta elevated parking dan cofftea house di Kompleks GBK.

Progres fisik per 17 Februari 2018, untuk gelanggang jetski dan layar mencapai 2,71% dan ditargetkan rampung pada Agustus 2018.

Sementara itu, elevated parking dan cofftea house mencapai 7,61% dengan target rampung Agustus 2018.  

Beberapa gelanggang tambahan juga dikerjakan Kementerian PUPR, yakni renovasi padepokan silat, renovasi 11 gelanggang di Jawa Barat antara lain lapangan sepakbola, canoe slalom, dan paragliding akan rampung pada Juni 2018. 

Sebanyak 40 cabang olahraga akan dipertandingkan, dimana di DKI Jakarta akan dipertandingkan sebanyak 29 cabang olahraga, di Sumatra Selatan 11 cabang, dan di Jawa Barat 6 cabang olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper